Mohon tunggu...
Achmad Ghozali
Achmad Ghozali Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang Guru di SD Juara Bandung. saya senang menulis, bermain game, dan membuat desain

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Batu Zultanite di Kapadokya Turki

24 Maret 2023   03:38 Diperbarui: 24 Maret 2023   03:49 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar di atas adalah bebatuan yang ada di Kapadokya, bentuknya sudah di ronce. Nah, salah satunya adalah batu Zultanite. Oh ya, disini banyak jenis batu yang dipajang seperti Emerald, Diamon, dan Saphire. 

Kali ini kita mengunjungi toko bebatuan yang dijadikan perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan anting. Nama tokonya adalah GOREME ONYX, mungkin masih banyak toko yang yang lain, tapi kita mengunjungi toko ini karena ini adalah toko terbesar, Seperti mall, toko ini terdapat beberapa ruangan layaknya showroom banyak perhiasan. Selain itu, disini juga ada resto nya.

Ok, sesuai dengan judulnya saya akan bercerita tentang Batu Zultanite berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari guide, jika ada kesalahan, mohon dikoreksi ya. Batu Zultanite adalah batu khas atau hanya ada di Turki

Nama Zultanite diambil dari kata Sultan, artinya batu ini dulu hanya dimiliki oleh bangsa atau keluarga Sultan. Batu ini juga sering dijadikan hadiah ketika para petinggi kerajaan berkunjung ke suatu wilayah.

Apa yang unik dari batu Zultanite? batu ini bisa berubah warna sesuai dengan cahaya yang diterimanya. jadi, jika ditanya warna dasarnya apa? Guidenya juga tidak tahu. he.. he.. 

Ohya, batu ini bukan memantulkan cahaya ya.. tapi batu ini benar benar bisa menyerap warna cahaya yang diterimanaya. Ketika pertama kali masuk, kami disajikan dengan demonstrasi perubahan warna batu ini. 

Terlihat sangat jelas batu ini berubah warna, ketika disinari lampu warna merah, maka batu ini berubah jadi merah, ketika disinari warna hijau, batu ini berubah warna menjadi hijau seperti emerald.

Nah, batu ini kemudian diaplikasikan kepada perhiasan-perhiasan yang saya sebutkan diatas. Harga batu Zultanite dipatok berdasarkan beratnya, harga paling rendah jika dirupiahkan adalah 900.000 pada waktu itu.

Nah, itu dia tulisan singkat tentang batu Zultanite, selanjutnya kita akan melanjutkan perjalanan ke Tuz Golu, Danau Garam terluas di Turki. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun