Mohon tunggu...
Achmad Ghozali
Achmad Ghozali Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang Guru di SD Juara Bandung. saya senang menulis, bermain game, dan membuat desain

Selanjutnya

Tutup

Trip

Museum Mevlana - Turki

30 Januari 2023   16:25 Diperbarui: 30 Januari 2023   16:28 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari Kota Pamukkale kita akan menuju Kappadokya, namun kita melintasi kota Konya terlebih dahulu untuk mengunjungi masjid dan museum Jalaludin Rumi (Mevlana -- dibaca = Maulana). Di kawasan ini terdapat 3 buah tempat yang perlu dilihat dan jangan sampai ketinggalan.

Pertama, Museum Mevlana, di dalamnya ada makam Jalaludin rumi beserta murid muridnya. Kemudian ada juga beberapa barang-barang peninggalan Jalaludin Rumi, kitab -- kitab yang telah dipelajari ketika itu. Dan ternyata ditempat ini juga disimpan jenggot Nabi Muhammad SAW yang konon katanya masih tercium wangi sampai sekarang. Terlihat orang orang mencium kotak itu. Namun saya tidak, saya hanya melihat dan membaca tulisannya saja. Di ruangan ini juga ada tempat untuk melaksanakan Sholat dan berdo'a.

Di sebelahnya ada tempat kamar-kamar para muridnya, kita bisa melihatnya saja dari luar, tidak bisa masuk kedalam. Kemudian ada Museum yang berisi patung jalaludin Rumi sedang mengajarkan murid muridnya melalui tarian. Yang membuat perhatian saya, saya melihat ada kolam kecil yang didalamnya terdapat banyak uang koin turki. Ternyata ini adalah mitos. Barang siapa yang melempar uang dan masuk kedalam lubang airnya maka ia akan... apa ya... saya tidak bisa menjelaskannya. Mohon maaf.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun