Mohon tunggu...
Achmad Dhany Qurniawan
Achmad Dhany Qurniawan Mohon Tunggu... Civitas Akademika

Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Efisiensi Public Private Partnership dalam Pembangunan

13 Mei 2020   20:38 Diperbarui: 13 Mei 2020   21:04 49 0 0 Mohon Tunggu...

Membahas persoalan ekonomi tidak akan ada habisnya karena sudah menjadi hal yang wajar terjadi dalam kehidupan manusia. Memang persoalan ekonomi merupakan bagian dari hidup masyarakat di seluruh dunia, dan tidak ada yang luput dari kegiatan ekonomi tersebut. Manusia pada kahikatnya merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pasti membutuhkan bantuan dari orang lain. 

Dan juga manusia akan melakukan kegiatan ekonomi di setiap hari dalam kehidupannya, dimanapun ia berada, tidak terkecuali bagi warga Indonesia. Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang, yang kegiatan ekonominya masih dalam proses peningkatan efisiensi masih terus berjalan dalam kegiatan ekonomi atau perekonomian negaranya. 

Bukan hanya negara berkembang saja, namun juga negara maju pasti melakukan pengembangan dalam efisiensi atau perekonomian di negaranya. Namun bedanya negara maju memiliki sistem perekonomian yang dianggap sudah modern dan sudah maju atau canggih jika dibandingkan dengan negara berkembang. Bukan hanya itu, negara maju juga dianggap sudah mampu dalam mengelola perekonomian negaranya, entah itu untuk perekonomian rakyatnya, negaranya, maupun pembangunannya.

Berbicara mengenai pembangunan, salah satu sektor yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam suatu proses pembangunan tersebut yaitu dari sektor ekonomi itu sendiri. Apabila ada suatu rencana pembangunan yang sudah dibuat dan sudah siap dalam proses pembangunannya, namun apabila segi ekonomi pembangunan tersebut masih belum matang atau tidak siap maka pembangunan tersebut mustahil untuk dilaksanakan. 

Bagaimana tidak, pasalnya apabila dari sektor ekonomi atau pembiayaannya saja masih belum siap, apa yang akan digunakan untuk membeli bahan -- bahan yang dibutuhkan dalam pembangunan tersebut? Apa yang akan digunakan untuk menggaji para pekerjanya? Juga apa yang akan digunakan untuk membayar kebutuhan yang lainnya? Maka dari itu bukan hanya dari rencananya saja yang dipersiapkan dengan matang, namun dari segi pembiayaannya juga harus dimatangkan agar pembangunan tersebut dapat terlaksana sesuai rencana.

Dalam ilmu ekonomi sendiri Pembiayaan Pembangunan diartikan sebagai suatu dana atau anggaran yang diperlukan dan digunakan dalam suatu kegiatan pembangunan. Segi pembiayaan ini harus dipersiapkan sematang mungkin karena apabila tidak dipersiapkan maka suatu kegiatan pembangunan tidak akan terlaksana. 

Juga pihak yang ingin membangun harus memiliki seorang yang dipercaya untuk mengelola pembiayaan yang dibutuhkan pembangunan tersebut, dan juga seorang tersebut harus bisa bertanggungjawab penuh atas pembiayaan tersebut. Karena ditakutkan ada kecurangan pada pengelolaan anggarannya. Bukan hanya pengelola anggarannya saja, namun juga semua pihak yang berkontribusi dalam kegiatan pembangunan tersebut harus dapat dipercaya semuanya agar pembangunan tersebut dapat terlaksana sebaik mungkin.

Membahas mengenai pembiayaan pembangunan, ada berbagai macam cara atau metode yang dapat dilakukan dalam pembangunan tersebut. Dimulai dari Obligasi baik itu obligasi pemerintah, daerah, maupun swasta, lalu ada metode PPP atau Public Private Partnership, Utang Negara, dan lainnya. 

Obligasi dilakukan dengan cara pemerintah baik pusat maupun daerah mencetak surat hutang yang kemudian diperjualkan kepada siapa saja yang ingin membelinya yang nantinya pemerintah akan membayar hutang tersebut sesuai jatuh tempo yang tertulis. PPP sendiri atau Public Private Partnership yaitu merupakan suatu kerjasama yang dilakukan oleh pihak pemerintah dengan pihak swasta. Sedangkan Utang Negara sesuai dengan namanya yaitu suatu hutang yang dilakukan oleh suatu negara baik itu hutang kepada negara lain maupun ke pihak bank dunia.

Jadi membahas tentang PPP atau Public Private Partnership merupakan bahasan yang menarik, karena metode ini menjadi salah satu metode yang marak digunakan dalam program pembangunan. Apa sih yang dimaksud dengan PPP itu? Jadi PPP atau Public Private Partnership merupakan salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan antara pihak pemerintah dengan pihak swasta. 

Uniknya disini pihak pemerintah tidak perlu menguarkan uang untuk kegiatan pembangunan tersebut, karena dalam program ini semua anggaran atau dana yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan sudah ditanggung sepenuhnya oleh pihak swasta. Jadi cara kerjanya pihak pemerintah menjadi pihak yang melakukan perencanaan suatu program pembangunan, sedangkan pihak swasta tersebut menjadi pihak yang melaksanakan pembangunan, serta mengelola pembangunan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN