Mohon tunggu...
Achmad Abdul Arifin
Achmad Abdul Arifin Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia

Cerdas, Bijaksana dan Inspiratif

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Membuat Piscok untuk Camilan di Malam Bulan Ramadan

11 Mei 2020   21:17 Diperbarui: 11 Mei 2020   21:28 1017 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Piscok untuk Camilan di Malam Bulan Ramadan
Sumber gambar: dhiaco.com

Piscok adalah singkatan dari pisang coklat. Sesuai namanya, makanan satu ini pasti berbahan dasar pisang dan juga coklat. Dengan dibungkus kulit lumpia, piscok bisa dikreasikan berbagai topping sesuai selera. Menariknya, jajanan ini cocok untuk kita santap ketika malam hari di bulan Ramadhan seperti saat ini. Mungkin sehabis sholat tarawih berjamaah bersama keluarga di rumah.

Pisang merupakan salah satu buah yang paling digemari kebanyakan orang. Selain mudah didapatkan, pisang ternyata mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Pisang mengandung banyak serat, antioksidan dan vitamin seperti kalium, vitamin B6, Vitamin C, magnesium, karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Maka jika anda pernah makan pisang dan terasa kenyang karena pisang mengandung semua itu.

Pun begitu, uniknya pisang mempunyai khasiat membantu menurunkan berat badan. Karena pisang mengandung kalori yang rendah.Mungkin pisang bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang menjalani program diet. Pisang juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan suasana hati supaya menjadi lebih baik. Karena adanya kandungan triptofan dan asam amino dalam buah pisang.

Dan yang cukup mengejutkan ialah pisang dapat mencegah penyakit asma. Menurut penelitian yang dilakukan Imperial College of London, diketahui bahwa anak-anak yang makan pisang setiap hari berkurang resikonya untuk terkena penyakit asma sebesar 34%. Yuk sering-sering makan pisang.

Sebagai pendamping pisang di makanan piscok, coklat juga terbukti mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Antara lain

Pertama, sebagai anti depresan. Jika kita sering mendengar bahwa orang akan kembali mood nya ketika seusai makan coklat,ternyata itu benar adanya. Coklat mengandung serotonin yang merupakan anti depresi alami.

Kedua, meningkatkan sirkulasi darah. Flavanoid yang terkandung dalam coklat mampu meningkatkan sirkulasi darah kita setelah 2-3 jam kita mengonsumsinya.

Ketiga, menghaluskan kulit. Coklat dapat melindungi kulit kita dari sinar UV, menjaga stabilitas kelembapan kulit kita, dan menjadikan kulit bersinar karena coklat mengandung flavanols. Coklat juga bisa mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit kita.

Itu dia berbagai manfaat dari dua bahan utama makanan bernama piscok. Lalu pertanyaannya ialah bagaimana membuat piscok yang baik dan benar? Jawabannya mudah, mari kita simak langkah demi langkahnya.

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan dan alatnya:

  1. Pisang
  2. Coklat batangan
  3. Kulit lumpia
  4. Penggorengan, lengkap dengan kompor dan gas-nya
  5. Minyak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN