Mohon tunggu...
KKNT Kelompok 115
KKNT Kelompok 115 Mohon Tunggu... Lainnya - KKNT Kelompok 115

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan Edukasi Berupa Kreativitas pada SDN 2 Banjarsari

23 Mei 2022   11:31 Diperbarui: 23 Mei 2022   11:35 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pelatihan menghias celengan dilakukan di SDN 2 Banjarsari, di mana target pelatihan adalah siswa  kelas 4 SD. Kehadiran kami untuk melakukan pelatihan ini disambut dengan hangat oleh kepala sekolah dan tenag apendidik di sana serta siswa- siswi di SDN 2 Banjarsari.


Kegiatan Kreativitas menghias celengan ini menggunakan celengan tabung berukuran sedang  yang dihias dengan biji- bijian. Kegiatan ini dilakukan karena harapan mahasiswa KKNT 115 ingin menanmkan pemikiran untuk pentingnya mengatur keuangan, bertanggung jawab aka napa yang dipunya dan menyuskurinya dengan menyisihkannya duntuk dimasukkan kedalam celengan.


Kegiatan menghias celengan sendiri menggunakan biji- bijian alasannya sendiri karena SDM yang memungkinkan dan meminimalisir pengeluaran dari siswa. Di mana Banjarsari terdapat jenis tanaman jagung, kedelai, padi , dll. Kelompok kami memanfaatkan SDM yang ada di sana supay amemudahkan juga siswa dalam membawanya. Dalan pengimplementasiannya sendiri siswa di minta untuk menghias sekreativ mungkin berdasarkan imajinasinya.


Ketika melakukan pelatihan untuk menghias celengan ini, kami juga memberi wawasan untuk siswa dapat menyisihkan uang sakunya dan disimpan di celengan yang telah dihias, karena dengan celengan yang dihias ini dapat memberi motivasi siswa untuk semangat dalam menabung karena merasa dirinya sendiri yang membuat.


Beragam jenis objek yang dihias seperti membuat pemandangan, rumah, boneka,karakter kartun, dan membuat identitas nama mereka sendiri. Dalam menhias celengan sendiri kami juga mengajarkan untuk pentingnya saling sharing akan bahan yang dipunya karena ada beberapa siswa yang hany amembawa satu jenis biji- bijian saja. Selama proses menghias siswa/i tampak senang dan excited dalam menghias karena kegiatan pelatihan ini baru pertama kali mereka dapatkan.


Dan saat kegiatan pelatihan ini selesai kami pun menjumpai kepala sekolah dan guru yang ada di ruang guru sekalian untuk berpamitan. Namun saat sampai di raung guru kepala sekolah mengucapkan terima kasih kepada kami kelompok KKNT 115 yang telah mengedukasi siswanya dan memberikan pelatihan menghias celengan "terima kasih untuk kakak- kakak KKN yang boleh memberikan waktunya mengedukasi siswa SDN 2 Banjarsari semoga kedepannya siswa keklas 4 ini mempunyai semangat terus untuk boleh menabung".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan