Mohon tunggu...
achmad soheh
achmad soheh Mohon Tunggu... Konsultan - Professional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ekosistem Logistik Dalam Negeri adalah sebuah program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri yang ada di Indonesia, sehingga program ini mensinergikan 5 komponen bisnis yang ada dalam ekosistem tersebut : Kementerian ( pusat dan daerah), Perhimpunan / Asosiasi UMKM, Corporate/ Perusahaan, Perusahaan Logistik Dalam Negeri serta Pelaku bisnisnya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Perspektif Jalan Baru untuk Ekspansi Pasar Indonesia

6 Juni 2023   14:29 Diperbarui: 6 Juni 2023   14:37 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: bisnis indonesia

Indonesia adalah salah satu negara eksportir  yang ada di dunia. Dengan kondisi seperti itu tidak heran jika pada akhirnya banyak pelaku bisnis yang ada di Indonesia berusaha untuk menjadi pemain ekspor kelas dunia. Nah bagi kalian yang ingin menjadi pelaku bisnis ekspor atau pelaku ekspor Indonesia, maka sebaiknya memang memperhatikan  beberapa hal yang bisa menunjang perkembangan dan pengembangan bisnis ekspor yang akan kalian jalankan.  Setidaknya ada 5 hal yang mesti kalian pahami terkait  bagaimana kalian menjadi pelaku bisnis ekspor yang handal :

1. Lakukan Riset Pasar

  • Karena aktivitas ekspor mengandung banyak komponen baik komponen yang langsung ataupun tidak langsung. Maka ada baiknya agar aktivitas ekspor bisa berjalan dengan lancar maka lakukan riset pasar untuk mengetahui kondisi pasar dari masing -- masing negara tujuan ekspor.

2. Lakukan pemilihan dengan menentukan Negara tujuan Ekspor

  • Jika memang kalian memiliki banyak pilihan  negara tujuan ekspor, maka salah satu hal yang mesti di lakukan adalah mencoba untuk menentukan prioritas negara yang akan bisa menjadi target pengiriman ekspor .

3. Perhatikan masalah prosedur ekspor

  • Tiap negara memiliki prosedur yang beda-beda, sehingga alangkah baiknya jika secara berkala pelaku bisnis ekspor mereview kebijakan atau prosedur ekspor yang mungkin mengalami perubahan. Ini penting untuk bisa melihat seperti apa kebijakan terkini dari masing masing negara tujuan ekspor.

4. Perhatikan masalah dokumen ekspor

  • Karena dokumen menjadi salah satu cara  untuk perusahaan  bisa masuk ke negara  tujuan tersebut. Sehingga mengetahui bentuk, konsep dan tampilan dokumen ekspor  yang benar adalah menjadi salah satu kata kunci dalam melakukan  ekspor.

5.  Nah bagian terakhir yang perlu menjadi perhatian adalah coba untuk mengetahui atau mencari tahu seperti apa fasilitas dan dukungan pemerintah dalam dunia  ekspor.  Karena sebagai penentu kebijakan sudah pasti pemerintah akan bisa menentukan seperti apa prosedur ekspor yang harus di  jalankan  oleh pelaku ekspor.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun