Perkembangan bisnis e-commerce memang bisa di katakan sejak adanya pandemi covid tahun 2019 cukup menarik untuk kita simak. Bukan saja potensinya yang naik cukup tajam, potensi bisnisnya sendiri tiap tahun selalu menunjukkan tren peningkatan. Tidak heran jika di tahun 2023 mendatang nilainya bisa mencapai Rp572 triliun.Â
Â
Tingginya potensi market yang ada di bisnis e-commerce memang  tidak terjadi begitu saja. Ada  beberapa dukungan pelaku bisnis yang ada di dalam industri tersebut yang membuat potensi bisnis e-commerce semakin menarik dari tahun ke tahun. Sebut saja misalnya perusahaan ( baik skala kecil, menengah dan besar ) yang menjual produknya melalui sistem penjualan marketplace.
Begitu banyaknya market place muncul baik yang bersifat nasional ataupun yang tradisional, pada akhirnya menjadi satu supporting tersendiri bagi bisnis e-commerce yang ada di Indonesia. Belum lagi dukungan dari para pelaku bisnis UMKM Â yang tersebar di seluruh Indonesia. Semakin menguatkan potensi bisnis e-commerce yang semakin menarik dan penuh potensi bisnis.
3 Komponen Penting Pelaku Bisnis dalam Bisnis E-Commerce di IndonesiaÂ
Â
Setidaknya dari beberapa hal yang  telah dijelaskan diatas, kita bisa katakan bahwa bisnis e-commerce berjalan atas dasar dukungan dan supporting yang menjadi kunci dari perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia.
1. Dukungan dari Perusahaan ( baik kecil, menengah dan besar) serta para Pelaku Bisnis UMKM yang ada di seluruh Indonesia.
Peran mereka adalah sangat penting karena berkat mereka pengelola marketplace atau e-commerce bisa menjual produk -- produk yang mereka miliki agar bisa di lihat dan di beli produknya oleh konsumen.