Sejak pandemic covid tahun 2019 kita melihat bahwa perkembangan bisnis logistic di Indonesia cukup menarik. Terbukti hingga memasuki tahun 2022 sektor logistic adalah salah satu sector bisnis yang cukup bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia.Â
Â
Berdasarkan data dan informasi yang bisa kita lihat dari perkembangan yang terjadi di industry logistic Indonesia. Maka ada beberapa sector bisnis atau industry yang berperan cukup penting untuk mendukung perkembangan bisnis logistic yang ada di Indonesia. Â Sebut saja misalnya sector industry FMCG ( Fast Moving Consumer Goods), Otomotif, Chemical, Minning dan juga Ritel
Sehingga berkat dukungan dan supporting dari beberapa sector itulah, maka kita bisa katakan bahwa sector logistic menjadi salah satu sector unggulan yang akan berjaya di tahun 2023.  Dimana keterkaitan dengan sector bisnis FMCG berkat adanya keterkaitan produk  tersebut dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia.
Meningkatnya jumlah populasi yang ada di Indonesia dan saat  ini berada di level 275 juta jiwa. Pada akhirnya mengindikasikan bahwa dengan besarnya jumlah populasi yang ada di Indonesia maka bisa jadi salah satu trigger untuk peningkatan jumlah pendapatan dari sector logistic  yang ada di Indonesia. Ambil contoh misalnya pada saat pandemic covid berlangsung di Indonesia, dimana penduduk ingin membutuhkan sesuatu maka yang bergerak adalah industri logistic. Itulah yang pada akhirnya menjadi satu kondisi bahwa keberadaan sector industry FMCG adalah factor paling penting untuk perkembangan  bisnis logistic di Indonesia.
7 Hal Penting Bagi Perkembangan  Industri FMCG di Indonesia hingga tahun 2022
Pentingnya sector bisnis FMCG sebenarnya bisa di lihat dari beberapa komponen yang ada dalam bisnis logistic . Sehingga kita bisa memprediksi peluang bisnis yang ada dalam industry FMCG sejatinya di dukung  oleh sekitar 7 komponen bisnis yang ada dalam industry logistic Indonesia.
1. Produk Kesehatan dan Kebersihan yang semakin di minati oleh warga.
2. Proses  bisnis  yang akan membuat adanya saluran migrasi dengan adanya penggunaan saluran digital.