Mohon tunggu...
achmad sfachrezzy
achmad sfachrezzy Mohon Tunggu... Konsultan - Public Affair Associate Abang Express

Saya tertarik dalam bidang logistik, karena bidang ini sekarang menjadi salah satu sektor yang bisa menjadi trigger untuk pertumbuhan ekonomi secara nasional

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Potensi Peluang Ekspor Produk Elektronik dan 3 Produk Elektronik Unggulan Indonesia

20 September 2022   13:25 Diperbarui: 20 September 2022   17:41 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: sekilasinfo.net

Bicara produk elektronik maka kita bicara soal bagaimana perkembangan teknologi menjadi trigger dalam perkembangan bisnis produk elektronik di Indonesia. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, wajar jika saat ini Indonesia focus dalam pengembangan ekspor untuk pengembangan produk elektronik di Indonesia. 

Sekadar memberikan satu perspektif bagaimana sebuah produk elektronik mampu menjadi salah satu factor pendukung peningkatan pendapatan Indonesia berdasarkan ekspor produk elektronik dari Indonesia. Kita bisa melihatnya dari beberapa kondisi terkini yang ada di Indonesia. Data ini memang berasal dari beberapa institusi terkait yang ada di Pemerintahan Indonesia serta data pendukung yang ada di luar Pemerintahan Indonesia.

Saat ini produk elektronik menjadi salah satu produk unggulan ekspor Indonesia. Dimana berdasarkan data yang berasal dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) khususnya pada Penanaman Modal Asing (PMA) pada tahun 2016 dan 2017 saja sudah bisa menyumbangkan  angka 13,5 persen investasi dari total aliran investasi yang masuk ke FDI ( Foreign Direct Investment ) .

Hingga memasuki tahun 2019/2020 saja nilai total ekspor produk elektronik dan telematika Indonesia sudah mampu mencapai angka US$7,8 miliar. Dimana total negara tujuannya sendiri adalah Amerika Serikat, China, Jerman, Hongkong serta masuk ke negara-negara Asean seperti :  Malaysia, Filipina, Thailand,

Sedangkan kondisi terkini yang bisa di dapatkan dari ekspor Indonesia, di tahun 2020 nilai pendapatan langsungnya adalah $5,553juta. Kondisi ini merupakan kontribusi positif bagi Indonesia karena di tahun sebelumnya nilainya  adalah 39,4 persen dengan rata-rata peningkatan ekspor bisa mencapai 12,2 persen.

Pada tahun 2025 prediksi peningkatan ekspor  produk elektronik Indonesia bisa mencapai angka US$9.9881 juta. Angka ini jelas  prediksi  positif jika kita melihat kondisi ekspor dari produk elektronik yang ada di Indonesia.

3 Produk Elektronik Unggulan Indonesia yang Mampu Bersaing dengan Produsen Dunia 

Beragamnya variasi dan model produk   yang ada di dunia, namun tetap saja 3 produk elektronik berikut masih tetap menjadi produk unggulan bagi Indonesia. Dimana ke-3 produk tersebut sudah mampu bersaing dengan varian produk elektronik yang di produksi oleh raksasa-raksasa produk seperti Jepang, Korea, China dan lainnya.

Memang untuk produk unggulan elektronik ini tidak saja menjadi produk elektronik unggulan Indonesia di luar negeri. Tetapi di dalam negeri sendiri dengan besarnya potensi  jumlah pendudukan Indonesia, nyatanya ke tiga produk ini bisa menjadi salah satu  yang memberikan kontribusi terbesar dalam  perdapatan dari sector industry elektronik.  

Di mana perspektifnya adalah dengan penghasilan rumah   tangga hingga mencapai Rp10 juta ($690) per bulan, maka ke- tiga produk elektronik ini bisa menjadi produk  unggulan untuk sector industry elektronik di Indonesia :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan