Mohon tunggu...
Achmad Anwar Sanusi
Achmad Anwar Sanusi Mohon Tunggu... Guru - Anak petani desa

Pengelana amatiran. Sedang ingin menapaki jejak ulama: mengajar, menulis, dan berdagang.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Ada Wisata Olahraga Kelas Dunia di DSP Mandalika

18 November 2021   23:58 Diperbarui: 19 November 2021   00:43 798 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Welcome to Mandalika (Dok. Indonesia.travel)

Nama Mandalika-Lombok semakin populer akhir-akhir ini. Sebabnya tak lain dan tak bukan karena rencana gelaran MotoGP yang akan diselenggarakan di Pulau Seribu Masjid ini. Pembangunan sirkuit balap bertaraf internasional dengan pemandangan bukit dan pantai yang mempesona membuat takjub banyak orang. 

Sirkuit balap kelas dunia satu-satunya yang berkonsep jalan raya dan diklaim paling aman dan paling indah dari sirkuit balap MotoGP yang pernah ada. Semua orang baru tahu bahwa Mandalika adalah keping surga tersembunyi yang ada #DiIndonesiaAja.

Keping Surga Itu Bernama Mandalika

Tak salah jika Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat disebut-disebut sebagai kepingan surga tersembunyi di Bumi Pertiwi. Potensi wisata yang dimiliki tempat yang namanya diambil dari legenda tokoh suku Sasak, Putri Mandalika, ini amat luar biasa. Mulai dari wisata pantai, wisata pantai, wisata kuliner, wisata religi, hingga wisata budaya semuanya ada di Mandalika. 

Pesona pantai-pantai nan eksotis di Mandalika telah dikenal ke seluruh nusantara dan dunia, bahkan sebelum rencana ajang balap kelas dunia MotoGP dilaksanakan di Mandalika. Keragaman destinasi wisata seperti ini memang ada #DiIndonesiaAja. Salah satunya di Mandalika ini.

M=Tak salah pula jika kemudian Mandalika dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak tahun 2014 oleh pemerintah pusat dengan wisata bahari dan wisata olahraga (sport tourism) sebagai wisata andalannya. Kemudian Mandalika dijadikan satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia hingga akhirnya menjadi satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) yang langsung ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

DSP Mandalika sebagai Wonderful Indonesia

Jarak DSP Mandalika yang hanya 27 km dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid merupakan sebuah kemudahan bagi wisatawan. Destinasi Super Prioritas Mandalika yang merupakan program Wonderful Indonesia terus berbenah semenjak pencanangan sebagai Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) 2014 lalu. 

Terlebih setelah ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas. Pembangunan sirkuit balap kelas dunia, Pertamina Mandalika International Street Circuit, pun sangat diperhatikan. Pemandangan di Sirkuit Mandalika sangat memanjakan mata, karena berlatar belakang keindahan pantai dan pegunungan yang asri. 

Ini bagian dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2022. Optimalisasi potensi wisata lainnya di Mandalika terus digenjot demi kenyamanan wisatawan. Akses antar destinasi wisata terus diperhatikan demi kemudahan wisatawan. Wisata pantai yang telah menjadi primadona baik bagi wisatawan domestik atau internasional terus ditingkatkan fasilitas dan standarnya. Pun dengan wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata olahraga.  

Wisata Olahraga di Mandalika

Yang hanya kita tahu bahwa di Mandalika ada Sirkuit Mandalika kelas dunia yang akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan ajang balap internasional MotoGP pada akhir Maret 2022 nanti. Padahal selain itu Mandalika juga surganya para pecinta wisata olahraga. Selain balap motor, Mandalika juga menyimpan banyak potensi wisata olahraga lainnya. Sebut saja balap sepeda, balap mobil, lari, marathon, triathlon, pendakian gunung, trekking, motocross, selancar, paralayang dan juga parasailing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, pun telah memastikan DSP Mandalika layak menjadi tempat gelaran wisata olahraga atau sport tourism. Bahkan Menparekraf telah mencoba mini triathlon trail langsung di DSP Mandalika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan