Mohon tunggu...
Achelia Nafisa Putri Sandani
Achelia Nafisa Putri Sandani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Semarang

Student of chemistry major at Universitas Negeri Semarang. Love to read a good books!

Selanjutnya

Tutup

Seni

Sulap Barang Bekas Menjadi Karya Seni, KKN UNNES GIAT 2 Berkolaborasi Bersama Kelompok Disabilitas Sanggar Seni Mewarnai Dunia

6 September 2022   20:31 Diperbarui: 10 September 2022   10:18 122 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNNES GIAT 2 bersama Sanggar Seni Mewarnai Dunia/dokpri

Klaten, -- KKN UNNES GIAT 2 di Desa Palar melaksanakan program kerja  "Palar Menggambar" dengan menggaet kelompok disabilitas "Sanggar Seni Mewarnai Dunia" pada hari Sabtu (27/08/2022) di Dukuh Mantenan, Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

Sanggar Seni Mewarnai Dunia adalah komunitas seniman penyandang disabilitas untuk mengekspresikan diri melalui karya-karya seni. Bapak Thomas Adi Nugroho selaku ketua mengatakan bahwa sanggar yang dimulai sejak 2019 ini terinspirasi dari disabilitas yang selalu dipandang sebelah mata, sehingga harapannya teman-teman disabilitas dapat mandiri dan selalu produktif dengan cara menyediakan ruang khusus untuk mengasah kemampuannya dalam menciptakan karya-karya. 

Tidak hanya dari Desa Palar, anggota sanggar seni ini juga berasal dari daerah lain seperti Solo. Sarana dan prasarana sanggar seni mewarnai dunia didukung melalui penjualan beras jali, anyaman keranjang, gelang jali serta sabun cuci piring yang diproduksi sendiri.

Namun, sejak pandemik COVID-19 melanda aktifitas sanggar semakin menurun bahkan cenderung vakum. Hal ini menjadikan mahasiswa KKN UNNES GIAT 2 dibawah naungan Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata, LPPM UNNES bertekad untuk menyusun suatu program dengan tujuan menghidupkan kembali Sanggar Seni Mewarnai Dunia yang telah dikenal sebelumnya. 

Sesuai dengan tagline UNNES GIAT 2, yakni "bersama UNNES GIAT, membangun Indonesia dari Desa" maka program ini dirancang untuk menghidupkan kembali potensi yang ada di Desa Palar sehingga dapat menyongsong pembangunan.

Kegiatan Palar Menggambar/dokpri
Kegiatan Palar Menggambar/dokpri
Kegiatan "Palar Menggambar" memanfaatkan barang bekas sebagai media lukis yaitu banner yang sudah tidak terpakai dan triplek untuk membuat kanvas. Tema yang diangkat adalah "Kebudayaan Jawa" dan nantinya hasil lukisan kawan disabilitas akan dipamerkan saat acara TRUCUK EXPO UNNES GIAT 2 TAHUN 2022 di Kantor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten pada hari Minggu (11/08/2022). 

Penanggung jawab kegiatan ini, Aulia Nur Rifani menjelaskan bahwa "Sanggar Seni Mewarnai Dunia adalah tempat yang luar biasa karena dikhususkan untuk kelompok disabilitas, ini merupakan hidden gem yang ada di Desa Palar. Sehingga, untuk mendukung hal tersebut maka kami memutuskan untuk menghidupkan kembali sanggar ini setelah vakum beberapa lama diawali dengan kegiatan menggambar bersama."

Aulia Nur Rifani menambahkan "komunitas ini membuat saya belajar banyak hal. Semoga Sanggar Seni Mewarnai Dunia akan terus maju dan memberikan manfaat lebih banyak lagi serta terus menginspirasi bagi masyarakat luas."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan