Mohon tunggu...
ACEP SUMARNA
ACEP SUMARNA Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas SD Negeri Sirnagalih

Guru mah topeng aslinya hanya orang lemah yang berusaha terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bisa karena Biasa, Biasa karena Dipaksa

22 Mei 2024   11:09 Diperbarui: 22 Mei 2024   11:15 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Bisa karena Biasa, Biasa karena Dipaksa: Memahami Kekuatan Kebiasaan dan Dorongan Eksternal dalam Motivasi Hidup

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa orang mampu mencapai kesuksesan yang luar biasa sementara yang lain terjebak dalam kebiasaan yang kurang produktif? Jawabannya mungkin terletak pada konsep sederhana ini: "Bisa karena Biasa, Biasa karena Dipaksa."

 1. Bisa karena Biasa

Kebiasaan adalah fondasi dari kehidupan kita. Ketika kita melakukan sesuatu secara berulang-ulang, itu menjadi bagian dari diri kita. Hal ini mencakup segala sesuatu mulai dari kebiasaan sederhana seperti menggosok gigi setiap pagi hingga kebiasaan yang lebih kompleks seperti berolahraga secara teratur atau membaca setiap hari. Ketika kita mempraktikkan sesuatu dengan konsisten, kita membentuk jalan otomatis dalam pikiran dan tubuh kita yang membuatnya lebih mudah untuk dilakukan.

Contoh: Misalnya, seseorang yang terbiasa menulis setiap hari akan dengan mudah menghasilkan karya tulis yang berkualitas karena menulis sudah menjadi bagian dari rutinitas harian mereka.

 2. Biasa karena Dipaksa

Namun, terkadang kita perlu dorongan eksternal untuk memulai atau mempertahankan kebiasaan tersebut. Inilah yang saya sebut sebagai "Biasa karena Dipaksa." Dorongan ini bisa datang dalam berbagai bentuk: mungkin melalui dukungan dari orang yang kita cintai, tekanan dari lingkungan sekitar, atau bahkan melalui tenggat waktu yang menuntut.

Contoh: Seorang mahasiswa mungkin merasa malas untuk belajar, tetapi karena ada ujian besar besok, mereka merasa "dipaksa" untuk belajar, yang akhirnya membantu mereka membentuk kebiasaan belajar yang baik.

 Menggabungkan Kedua Konsep

Jadi, bagaimana kita bisa menggabungkan kedua konsep ini untuk meningkatkan motivasi hidup kita? Jawabannya adalah dengan menyadari bahwa kebiasaan yang kita ciptakan adalah fondasi dari kesuksesan kita, tetapi terkadang kita membutuhkan dorongan eksternal untuk memulai atau mempertahankan kebiasaan tersebut.

Tips untuk Meningkatkan Motivasi Hidup:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun