Mohon tunggu...
Abu Tajir
Abu Tajir Mohon Tunggu... Bakul buku

Bakul buku yang hobi duit, nulis dan mengolah manusia

Selanjutnya

Tutup

Politik

Fenomena PSI

6 Agustus 2019   12:33 Diperbarui: 6 Agustus 2019   12:49 0 0 0 Mohon Tunggu...

fenomena PSI (partai solidaritas indonesia) yang melesat amat cepat banyak menarik perhatian orang.

banyak yang kaget, karena tiba-tiba ada partai baru banget, anggotanya (yang keliatan) masih muda-muda, kuat untuk iklan juga kampanye di mana-mana dan berani membuat pernyataan-pernyataan kontroversial di muka umum.

nah, saya mau membahas mereka dari sisi marketing politik dan yang terkait dengan pendanaan aja, gampangnya, sudut pandang pedagang.

dari yang sudah keliatan, ada beberapa nama besar di dunia bisnis dan politik indonesia yang jadi pembina dan pengarah PSI, di antaranya adalah jeffrie geovani dan sunny tanuwidjaja. keduanya ada hubungan dengan CSIS, punya jaringan luas dan kuat di kalangan pelaku bisnis dan politik dalam dan luar negeri, juga sangat skillful di bidangnya, teori dan praktek. untuk sunny sendiri, dia itu mantan staf khusus Ahok, dan ada hubungan spesial dengan tomy winata, peter sondakh, franky wijaya, hary tanoesoedibjo dan mochtar riady (ya itu yg keliatan, entah yg belom keliatan).

jadi logistik partainya aman dan kuat, panjang napasnya, bahkan untuk pemilu 2019 ini, dana kampanye mereka sejumlah 185 miliar (walaupun kemudian diralat jadi cuma 4,9 miliar, entah mana yg rill).

silakan baca lebih lanjut:
intelijen.co.id
kumparan.com
cnnindonesia.com (1)
merdekanews.co
cnnindonesia.com (2)

nah, dari sisi marketing politik mereka, saya punya hipotesis kalo mereka itu adalah pilot project dari para investor mereka untuk memetakan potensi politik orang muda indonesia, terutama generasi milenial. maka gaya marketing yang dipake adalah:

* to the point untuk penyampaian visi-misi dan program partai, karena orang muda indonesia sekarang itu suka pada komunikasi yang to the point

* menggunakan wanita cantik, cerdas dan berkarakter sebagai ujung tombak pemasaran partai. siapa sih yang nggak suka sama wanita cantik, cerdas, berkarakter pula

* memakai gaya humor "receh" pada iklan-iklan mereka. orang muda sekarang suka banget sama humor "receh", perhatikan saja konten yang sering mereka liat instagram, youtube, facebook, LINE mereka.

* sering melontarkan pernyataan dan wacana kontroversial. psikologi orang indonesia itu suka kepo, suka mencari tau hal yang beda dari biasanya, ujungnya PSI akan dikepoin, gampangnya, trafik orang yang liat mereka naek, walaupun engagement nya belom tentu positif, yg penting diliat dulu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x