Mohon tunggu...
Emir Yunus
Emir Yunus Mohon Tunggu... Muslim; seorang anak, suami, sekaligus ayah.

Hanya seorang murid yang belajar di sekolah kehidupan; berharap lulus dengan nilai bagus.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inspirasi Kemalasan dan Connecting the Dots

9 Desember 2019   16:25 Diperbarui: 9 Desember 2019   16:41 10 0 0 Mohon Tunggu...

Siapa tidak kenal Gojek hari ini? Gojek telah menjelma menjadi salah satu perusahaan terbesar se-Asia Tenggara. Atas keberhasilannya, pendiri Gojek, Nadiem Makarim bahkan ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan paling muda (35 tahun) dalam sejarah Indonesia.

Tapi pernahkah kita pikirkan, apa yang menginspirasi kesuksesan Gojek ? Jika kita cermati, tidak terbayangkan bahwa inspirasi Gojek adalah : kemalasan.

Mau naik ojek, malas jalan ke pangkalan ojek, diciptakanlah Go Ride. Malas kepanasan / kehujanan, dibuat Go Car. Mau makan, malas masak, mau beli, malas jalan ke warung, dibuatlah Go Food. Mau kirim barang, malas ke Tiki/JNE, dikreasikanlah Go Send.

Para pendiri Gojek jeli melihat peluang. Bahkan kemalasan orang-orang menginspirasi mereka dan membuatnya menjadi lapangan kerja bagi jutaan orang lainnya, di samping mereka sendiri tentu mendapatkan keberhasilan yang luar biasa besar.

Pelajaran yang dapat dipetik adalah, jadilah orang yang kreatif. Ajarilah anak-anak kita kreatif. Hidup ini adalah kumpulan masalah dan cara untuk memecahkan masalah adalah kreativitas: kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, kemampuan menghubungkan satu titik dengan titik yang lain (connecting the dots).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x