Mohon tunggu...
Abu Al Givara
Abu Al Givara Mohon Tunggu... Penulis - Hanya Menulis, Bukan Penulis

Tidak ada sesuatu yang susah jika dikerjakan dengan cinta. Dengan cinta, semua hal adalah perjuangan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Feminisme Aswaja, Adakah?

1 Desember 2021   00:54 Diperbarui: 1 Desember 2021   01:01 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya baru tahu dari tulisan seseorang yang berjudul "Feminisme Aswaja" ternyata ada term Feminisme Aswaja dalam diskurus feminisme. Entah siapa yang mencetuskannya, bagaimana perspektifnya, apa yang diresponnya dan dimana titik pembeda dengan feminisme Islam lain.  

Husain Muhammad sebagai intelektual NU yang serius menggeluti feminis justeru menggunakan term Fiqh Perempuan dalam judul buku masterpiecenya.

Begitupun Musdah Muliah yang juga salah satu tokoh intelektual perempuan NU menggunakan term Muslimah Reformis untuk mendefinisikan perempuan dalam Islam.

Saya tidak menemukan dimana kekhasan Feminisme Aswaja dalam tulisan ini dan belum menemukan perbedaan dengan Feminisme Islam arus utama. 

Term Feminisme Aswaja ini perlu ditinjau ulang karena penggunaan Aswaja dalam feminisme bukan semata proses sintesa dan pencarian titik temu, karena penyatuannya akan memberi efek pada over generalisasi untuk golongan tertentu yang terlembagakan. Akan tidak ilmiah jika saya menggunakan term Feminisme aswaja untuk mengkritik feminisme Aswaja, karena tidak ada satupun aliran feminisme yang mengkritik alirannya sendiri.

Andai tokoh-tokoh Aswaja yang konsen di Feminis tidak hati-hati dalam menggunakan term, mungkin Husain Muhammad, Musdah Muliah, Badriyah Fayumi telah menggunakan term itu. Tapi mereka tidak menggunakannya karena mereka paham menggabungkan Feminisme dan Aswaja perlu dialog yang serius dan konsensus komunitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan