Mohon tunggu...
Hanif Ahmad
Hanif Ahmad Mohon Tunggu... Penulis Buku Cerita Mang Nata, Bekerja di Pastry Kitchen

Menasehati diri sendiri sambil sharing untuk persahabatan, IG (@abukalfa), FB/Twiter (Hanif Ahmad), Siaga Donor Gol A

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Melihat Senyum Mereka karena Keikhlasan

8 Mei 2020   06:24 Diperbarui: 8 Mei 2020   07:07 15 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Senyum Mereka karena Keikhlasan
Sumber photo : humanity first.id

"Beriman Kepada Allah Ta'ala, mendirikan shalat dan membelanjakan rezeki".

Tiga kesatuan ini, yang merupakan rangkaian yang tak bisa terpisahkan. Jika seseorang sudah menyatakan iman dalam hati kepada Allah Ta'ala. Sebagai action dari keimanan tersebut seperti ibadah shalat atau puasa. Maka ia tidak akan pernah meninggalkannya. Yang kemudian actionnya tersebut disempurnakan dengan sedekah harta, ilmu atau kebaikannya yang lainnya.

Dari ketiga keadaan ini (iman, shalat dan sedekah). Mereka menjalankannya penuh dengan segala keiklasan. Sehingga kesiapan mental sabar, untuk mewujukan cinta-kasih kepada sesama. Mudah-mudahan bisa lebih manarik keridhoan dari Allah Ta'ala.

Alhasil senyum ikhlas juga mewarnai para penerima bantuan sedekah tersebut. Kedua belah pihak atau mereka semua yang terlibat dalam pengaturan ini, tercatat dalam amal sholeh kebaikan.

Partisipasi dalam penggalangan dana bantuan yang banyak diprakarsai oleh organisasi sosial, apalagi dalam keadaan seperti sekarang ini. Sangat tepat bila kita bisa andil berpartisipasi dalam gerakan sedekah kamanusiaan seperti ini.

Kalau berpikir tentang kesulitan, tentu semua orang juga dalam keadaan yang sama. Tetapi berbagai keadaan Allah Ta'ala hadirkan untuk menguji kepada manusia. Apakah mereka itu benar-benar beriman atau tidak. Baik dalam keadaan sulit atau dalam keadaan kelimpahan. Harta menjadi sarana ujian yang akan menunjukan kwalitas iman seseorang.

Himbauan sedekah sesuai dengan kerelaan hati, tentu bisa dimanfaatkan oleh semua orang sebagai bentuk iman dan sekaligus kepedulian kepada sesama.

Setiap sedekah yang menghilangkan segala keraguan dan prasangka buruk. Bahkan hanya ada semangat kelikhlasan yang paling menonjol. Akan mewarnai alur sedekah tersebut sampai kepada yang berhak. Rezeki yang tidak besar tersebut menjadi pembuka rezeki kebaikan untuk semua orang.

Yang memberikan sedekah, yang mengajak, yang mengelola, yang membagikan kemudian yang menerima akan mendapat bagian kebaikan yang tercatat sebagai amal sholeh.

Saya Hanif Ahmad kompasianer dari Bandung dan Sukabumi, salam keikhlasan....!, salam kamanusiaan....!, kecintaan untuk semua orang....!.

VIDEO PILIHAN