Mohon tunggu...
Abuifan
Abuifan Mohon Tunggu... Editor - I am just me

Just me and my life https://amanahsolution.com/me

Selanjutnya

Tutup

Money

Bagaimana Memilih Vendor Pengembang Software bagi Perusahaan Anda

7 Mei 2014   14:41 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:46 107 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kadang owner bingung dalam memilih vendor pengembang software yang hendak diterapkan di perusahaannya. Satu penawaran menawarkan harga software begitu murah. Sementara satunya lagi menawarkan relatif mahal. Mana yang mesti dipilih? Hati ekonomisme pasti memilih yang murah. Tapi benarkah software murah tidak murahan? jawabnya ya belum tentu.

Lalu dari mana mengindikasi sebuah software tidak murahan?

Hendaknya harga software dilihat dari paling tidak 4 sisi berikut :


  1. Dari sisi HPP. Hitung dulu dengan detil kira kira berapa biaya pengembangan software tersebut? Misal software perlu dikerjakan dalam waktu 3 bulan dengan 3 programmer. Akahkah mungkin software tersebut dapat dikerjakan dengan biaya hanya 10 juta? Jelas tidak mungkin. Karena gaji seorang programmer aja berapa? Jika tidak mungkin maka sudah selayaknya anda tidak memilih vendor yang menawarkan harga semurah itu.
  2. Dari sisi manfaat. Bagaimana mungkin membangun sebuah software sistem informasi yang hendak mengcover sekian bidang dan departemen di perusahaan anda memiliki harga hanya 20 juta? Jelas ini tidak mungkin. Jangan sia-siakan uang anda untuk pingin semurah mungkin tapi bisa berimbas vendor lari karena gagal menghitung operasional
  3. Dari sisi pertanggungjawaban. Ingat bahwa membangun software sistem informasi sama juga dengan membangun relationship dengan vendor. Mengapa? Karena potensi bug dan error akan selalu tertangani sempurna jika vendor terpercaya. Artinya terpercaya dalam perkara bisnis adalah biaya. Bagaimana mungkin software sistem informasi bisa murah jika harus memasukkan biaya pertanggungjawaban (garansi) selama 1 tahun?
  4. Track record. Pilihlah benar-benar vendor yang memiliki track recor baik. Hati hati dengan vendor yang sering gagal dalam menyelesaikan proyek software. Track record juga dapat diketahui dari para personilnya. Orang yang bisa bikin software itu banyak. Tapi vendor yang memiliki orang orang dengan kekuatan System Analyst yang mumpuni itu sangat sedikit. Selalulah pilih vendor yang memiliki kekuatan system analyst bagus, personal lulusan terbaik, dan attitude yang baik juga.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan