Mohon tunggu...
Abubakar Ahmad
Abubakar Ahmad Mohon Tunggu... Freelancer - Business Analyst in Falinwa Indonesia

Merupakan Orang Yang Kritis Terhadap Sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pengolahan Sampah sebagai Bisnis yang Menjanjikan

26 September 2022   09:16 Diperbarui: 26 September 2022   09:27 148 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada tulisan kali ini, setelah sekian lama tidak menulis hal yang akan saya bahas adalah bisnis. Bukan bisnis biasa, melainkan bisnis pengolahan sampah. Memang mungkin diantara pembaca nmenganggap bisnis ini merupakan bisnis yang tidak memiliki untung yang banyak,prosedur yang perlu dilewati untuk membuat bisnis ini berkembang juga sangat rumit dan berliku. 

Yah terutama di Indonesia, akan banyak hal yang menjadi faktor terhambatnya bisnis pengolahan sampah kedepannya.

Berkaca pada pertumbuhan sampah setiap tahunnya, menurut saya ini menjadi sumber daya yang bagus. Seperti kita ketahui  bahwa jika mendengar tentang sampah,orang akan mengkaitkannya kepada aktifitas sosial . Aktifitas sosial ini biasanya meminta sumbangan untuk dapat memulihkan lingkungan. Banyak yang menyumbang, namun menurut saya hasilnya terlihat kurang maksimal. Saya merasa sepertinya pengolahan sampah perlu diniatkan sebagai bisnis, bukan misi sosial.

Bisnis pengolahan sampah perlu memanfaatkan teknologi terbaru agar selema proses pengolahan tidak mengganggu lingkungan sekitar. Apa saja yang bisa diolah dari sampah? yah, selain secara umum sampah di daur ulang, sampah juga bisa diolah untuk pembangkit tenaga listrik dan juga hasil sampingannya merupakan bahan kimia yang sering dimanfaatkan di laboratorium.

Saya pernah melihat video tentang pengolahan sampah menjadi energi listrik terbarukan, sampah tersebut tidak dibakar melainkan dipanaskan sampai titik lelehnya. Hal ini akan mengurangi emisi gas buang, uap panas tersebutlah yang nantinya akan menjadi energi listrik. Lelhan sampah dapat diolah menjadi cairan kimia yang berguna.

Menurut saya ini cukup bisa diterapkan di Indonesia. Dengan teknologi saat ini bukan tidak mungkin bisnis pengolahan sampah menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Manusia cenderung lebih tertarik pada keuntungan materil dibandingkan sesuatu yang berbau sosial, Kita bisa menjadikan pengolahan sampah menjadi sebuah bisnis menguntungkan sehingga banyak orang ingin berinvestasi di dalamnya. Hal ini bukan hanya baik bagi lingkungan tetapi juga baik untuk kelangsungan hidup manusia yang membutuhkan uang. sumber daya sampah saat inisudah sangat besar, tiap tahun makin meningkat dan menumpuk tidak di olah sama sekali.

Sudah saatnya kita berfikir bagaimana mengolah sampah yang kita hasilkan semakin lama semakin menumpuk. Fokus pengolahan adalah bisnis untuk menadpatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Fokus itulah yang akan menjadikan misi lingkungan berjalan lancar dan sukses. Tanpa fokus bisnis, orang cenderung mengabaikan misi tersebut.

Mungkin tulisan saya memang belum didukung data dan fakta yang terjadi di lapangan, namun dengan logika dan nalar kita saya yakin pembaca dapat memahami maksud tulisan saya. Saya hanya ingin mengungkapkan keresahan saya prihal lingkungan. Yah, mungkin suatu saat saya memiliki perusahaan saya sendiri dalam mengelola sampah menjadi energi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan