Mohon tunggu...
abraham raubun
abraham raubun Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli gizi

Olah raga, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kupang yang Bukan dari Nusa Tenggara Timur

2 November 2022   07:07 Diperbarui: 2 November 2022   07:22 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sore itu kami menelusur Jln. Raya Manyar Mulyorejo, di Surabaya-Jawa Timur. Sasaran perburuan kuliner kali ini lontong kupang. Semula terpikir nama lontong kupang itu lontong dari kota Kupang di Nusa Tenggara Timur. Ternyata dugaan kami jauh meleset, itu sebutan menu khas Jawa Timur olahan hewan laut sejenis kerang kecil.

Di rumah makan itu tersedia dua menu, lontong balap dan lontong kupang. Kami memilih lontong kupang. Setelah terhidang, terlihat potongan lontong berendam dalam kuah petis bersama si hewan laut  bernama kupang itu, didampingi dua tusuk sate kerang dalam satu porsi. Ketika dicicip,  rasanya gurih dan  sepintas aroma  jeruk nipis tertangkap menyelinap di hidung.

Sajian lontong kupang ini dilengkapi juga dengan lentho,  terbuat dari kacang tolo yang ditumbuk agak kasar dan dicampur adonan tepung dan bumbu, dibentuk bulat-bulat menyerupai perkedel lalu digoreng. Minumanya kami pilih es degan alias es kelapa muda. Lengkap sudah kulineran sore itu untuk memanjakan lidah.

Kupang itu sejenis kerang laut, bentuknya  kecil berwarna putih. Banyak ditemukan di Jawa Timur sepanjang pinggir pantai atau lumpur air asin. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Blue Mussel atau juga kerang putih.

Seperti hewan laut lain yang biasa dikonsumsi, kandungan mikronutriennya berupa  zat besi (Fe) dan zinc/seng (Zn) cukup tinggi. Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Sedangkan Seng merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Tentu juga sebagai sumber protein, vitamin B12  asam lemak Omega-3 dan Omega-6 dan lain-lain, yang semuanya berguna bagi kesehatan badan.

Manfaatnya banyak, antara lain dipercaya untuk mencegah Anemia akibat kekurangan zat besi, menjaga kesehatan jantung, membantu berfungsinya sistem syaraf dan imunitas.

Seperti juga jenis-jenis kerang lain, sejatinya dapat menjadi asupan zat-zat Gizi mikro yang dihasilkan dari kekayaan laut Nusantara. Zat-zat Gizi mikro ini penting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang mereka.

Indonesia saat ini menghadapi beban ganda. Masalah Gizi makro berupa kekurangan protein energi belum tuntas ditangani, kini masalah kekurangan gizi mikro sudah datang menghadang. Tentu saja pencerahan tentang pendayagunaan bahan makanan sumber-sumber zat gizi mikro seperti kupang ini bagi masyarakat perlu dilakukan terus secara berkesinambungan, demi menyongsong generasi emas masa mendatang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun