Mohon tunggu...
abraham raubun
abraham raubun Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli gizi

Olah raga, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Aunu Senebre

19 September 2022   05:23 Diperbarui: 19 September 2022   06:44 35 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Perjalanan Ekspedisi Nusantara arung samudra Papua bagian Selatan sampai di Merauke tanggal 27 Oktober 2017, tepat sehari sebelum Hari Peringatan Sumpah Pemuda. 

Setelah usai bergiat sosial di Kabupaten Asmat yang cukup melelahkan rombongan diberi waktu bebas sehari, sebelum melakukan upacara bersama peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dihadiri Menko PMK, Puan Maharani bersama Menkes dan MenUPW.

Bingung juga untuk mengisi waktu sehari itu. Apa yang mau dilihat di ibu Kota kabupaten Merauke itu. Cuaca panas dengan sengatan matahari terik membuat alam sekitar yang datar  sejauh mata memandang  terasa kering dan gersang. Untuk berjalan berkeliling  melihat-lihat Kota Merauke terasa enggan.

Seorang kawan akhirnya mengusulkan untuk mencoba kuliner tradisional khas Papua. Awalnya mendengar namanya kami agak ragu. Tapi karena namanya unik "Aunu Sanebre", tertarik dan terdorong juga untuk mencoba mencicipinya.

Kemudian kawan itu pergi bersama seorang teman lain yang asli dari Merauke. Beberapa lama kemudian mereka kembali ke kapal KRI. Banjarmasin, tempat kami berkumpul, sambil membawa beberapa bungkus makanan.

Ketika kami membukanya, terlihat isinya makanan yang disebut Aunu Sanebre. Ada juga beberapa ubi, singkong dan talas rebus. Aunu senebre merupakan makanan khas daerah Papua. 

Terbuat dari bahan dasar ikan teri nasi yang dicampur dengan irisan daun talas. Di Papua, kudapan tersebut biasa disantap dengan papeda atau beberapa jenis umbi-umbian. Rasa gurih didapat dari Teri dan irisan daun talasnya terasa renyah. Jika dicermati makanan tradisional ini cukup menyehatkan.

Nikmat juga menyantap Aunu senebre ini dengan ubi, singkong dan talas rebus. Entah karena lapar atau sudah mulai bosan makan makanan di kapal, karena selama hampir satu bulan berlayar.

Indonesia memiliki beragam jenis makanan tradisional. Sejatinya berbagai jenis makanan tradisional yang bergizi dan baik untuk Kesehatan perlu dilestarikan serta dipromosikan untuk memperkaya  khasanah kuliner Nusantara sebagai warisan budaya nenek moyang negeri leluhur ini.l

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan