Gayahidup

Susah Paham dengan Apa yang Dibaca? Coba Trik "Membaca Aktif" Ini!

12 Oktober 2017   15:57 Diperbarui: 12 Oktober 2017   16:22 276 0 0

Sebenarnya apa itu membaca aktif? Mariolina Salvatori, sebagaimana dikutip dalam sebuah artikel berjudul The Role of Active Reading in Interpreting and Writing about the Text yang termuat dalam situs www.westga.edu menjelaskan definisi membaca secara aktif sebagai berikut:

"Active reading is a process of interpretation and reflection, whereby a reader constructs meaning, establishes significance, and reflects on the limits of his or her understanding. Active readers are often conscious of their moves and can describe them." 

Membaca secara aktif adalah sebuah proses interpretasi dan refleksi, di mana seorang pembaca mengkonstruksi makna, menyusun makna, dan merefleksikan batas-batas pemahamannya. Pembaca yang aktif seringkali menyadari gerakan mereka dan dapat mendeskripsikannya.

Dengan definisi diatas dapat diketahui bahwa membaca aktif adalah kegiatan membaca yang sedemikian agar lebih mudah masuk di otak atau mudah diingat atau lebih mudah dipahami sehingga bias menemukan makna sendiri dalam mengenai isi bacaan serta mampu menjelaskan ulang apa yang dibaca.

Bagaimana cara melakukan membaca aktif? berikut cara membaca aktif

  • Pertanyaan sebelum membaca

apa maksudnya yaitu menanyakan apa topic yang diangkat penulis? ,mengapa buku tersebut disusun demikan? ,apa tujuan penulis membuat buku atau artikel tersebut?

dengan begitu otak kita mulai bekerja untuk memotivasi kita untuk membaca buku atau artikel tersebut.

  • identifikasi dan cari makna yang asing bagi kita

agar anda mengerti dan memahami isi buku atau artikel tersebut secara utuh

  • Buatlah catatan dan komentar di sisi buku

Dengan komentar, aktivitas membaca Anda menjadi aktivitas yang hidup. Anda bukan hanya menerima secara pasif apa yang disampaikan oleh sang penulis, tetapi Anda dapat memberikan opini, kritik, tambahan, dan sebagainya.

  • Bertanya

bertanya pada bacaan anda. maksudnya tanyakan pada diri anda sendir menganai apa yang sedang anda baca lakukan seperti melakukan Tanya jawab tetapi pada diri anda sendiri.

  • Sampaikan atau diskusikan kepada orang lain tentang apa yang sudah anda baca

dengan begitu anda dapat mengingat kembali apa yang telah anda baca dan merefresh otak untuk mengingat kembali dan menguji apakah anda benar benar mengerti apa yang telah anda baca tersebut.

Membaca memang hal yang membosankan tetapi jika kita piker piker lagi membaca juga merupakan hal yang mengasyikan.dengan membaca anda dapat berfantasi dengan imajinasi anda sendiri dan membuat hidup kaya makna. 

namun kita tidak akan mendapatkan apa apa jika hanya membca hanya sekadarnya .Menerima info yang tersaji secara pasif mulailah membca secara aktif agar anda mendapatkan manfaatnya.

Selamat Membaca


sumber/Referensi : AquariusNote.com(Rina ulwia)