Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis untuk Perubahan - Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar - Selalu Semangat dan Berkarya melalui ide dan gagasan yang dituangkan dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Deteksi Dini Penyakit, Cek Darah Anda di Laboratorium Kesehatan

12 Mei 2018   06:59 Diperbarui: 12 Mei 2018   13:36 0 0 0 Mohon Tunggu...
Deteksi Dini Penyakit, Cek Darah Anda di Laboratorium Kesehatan
astralife.co.id

Sobat Kompasiana yang semoga slalu sehat..

Masih ingatkah anda dengan aktor film sekaligus  anggota DPR Adjie Massaid ? Tentu masih ingat di benak kita bahwa beliau meninggal dunia secara mendadak. Saat itu diberitakan di media cetak maupun televisi tentang penyebab dari wafatnya Aktor ganteng Adjie Massaid tersebut. Ternyata beliau meninggal karena serangan jantung.

Hal tersebut menjadi bahan pembelajaran bahwa seseorang memerlukan deteksi dini tentang gejala tersebut. Jangan sampai sakit sudah mendera dan tidak mengetahui gejala awal dari penyakitnya. Setelah di cek darahnya di laboratorium hasil kolesterolnya lebih dari 400 mg/dl atau Glukosa Darah Sewaktu nya lebih dari 300 mg/dl. 

Ini menunjukkan pola makan yang berlebihan tanpa berpikir an terkena penyakit. Karena merasa sehat-sehat saja. Maka sering kita dengar bahwa orang yang kelihatannya biasa-biasa saja, tiba-tiba terkena jantung. Ada juga yang kelihatan sehat bugar, namun tiba-tiba jatuh dan mati mendadak.

Dalam hal ini peran Laboratorium Kesehatan sangat penting untuk mendeteksi dini penyakit yang diderita. Ketika Pasien di ambil darahnya dan dicek di Laboratorium Kesehatan ternyata terkena gejala penyakit tertentu semisal jantung, Diabetes,ginjal,liver atau lainnya  maka Pasien akan mendapatkan resep obat dari tenaga ahli kesehatan ( perawat/bidan/dokter). Sehingga penyakit tersebut akan diobati sebelum menjalar lebih parah.

dok.pribadi
dok.pribadi
 Pengertian Laboratorium Kesehatan

Laboratorium Kesehatan merupakan salah satu sarana kesehatan yang diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap kebutuhan individu dan masyarakat dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2010 yang berperan sebagai pendukung maupun penegak dari sebuah diagnosis penyakit dalam upaya peningkatan kesehatan yang optimal. 

Menurut Kep.Menkes No.943/Menkes/SK/VIII/2002 yang dimaksud dengan Laboratorium Kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasala manusia untuk penentuan jenis penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan peroarangan dan masyarakat.

Sebagai bagian yang integral dari pelayanan kesehatan, pelayanan laboratorium sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan berbagai program dan upaya kesehatan, dan dimanfaatkan untuk keperluan penegakan diagnosis, pemberian pengobatan dan evaluasi hasil pengobatan serta pengambilan keputusan lainnya. 

Oleh karena itu mutu pelayanan laboratorium kesehatan haruslah baik dan bermutu agar dapat memberikan hasil pemeriksaan laboratorium yang tepat, teliti, benar, dapat dipercaya dan memuaskan pengguna jasa.

 Pemeriksaan Laboratorium merupakan pemeriksaan untuk menunjang diagnosis penyakit, guna mendukung atau menyingkirkan diagnosis lainnya. Pemeriksaan laboratorium merupakan penelitian perubahan yang timbul pada penyakit dalam hal susunan kimia dan mekanisme biokimia tubuh (perubahan ini bisa penyebab atau akibat). Pemeriksaan laboratorium juga sebagai ilmu terapan untuk menganalisa cairan tubuh dan jaringan guna membantu petugas kesehatan dalam mendiagnosis dan mengobati pasien.

Tujuan Laboratorium Kesehatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x