Mohon tunggu...
Abii Jati
Abii Jati Mohon Tunggu... Programmer

jatigunners@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Stock Opname

19 Februari 2020   22:30 Diperbarui: 19 Februari 2020   22:29 8 0 0 Mohon Tunggu...

Stock Opname adalah salah satu bagian dari evaluasi dan pengukuran di dalam perpustakaan. Kegiatan yang dilaksanakan dengan memantau dan menghitung kembali bahan-bahan koleksi perpustakaan baik itu di rak, rekaman sirkulasi peminjaman, di bagian perbaikan, sampai area buku tandon. Jenis aktivitas ini biasanya dilakukan pada saat pelayanan tidak sedang berlangsung.

Maka tidak heran jika waktu pelaksanaan kegiatan nya rata-rata dilakukan pada saat liburan dimana pemustakanya tidak ada kegiatan bila itu perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, khusus. Stock opname dilakukan untuk mengetahui jumblah atau keadaan buku yang ada dan disesuaikan dengan buku induk. 

Dari sana akan terlihat apakah terdapat masalah dengan sejumlah koleksi misalnya dari sebuah judul dengan beberapa eksemplar. Jika terdapat koleksi yang kurang yang tidak sesuai dengan catatan di buku induk hal itulah yang menjadi bahan evaluasi dan pengukuran kinerja Perpustakaan.

Dengan adanya kegiatan ini, maka akan ketahuan jika terdapat koleksi yang hilang. Karena umumnya stock opname mendata keseluruhan bahan pustaka yang ada. Stock opname dilakukan setidaknya setahun sekali di perpustakaan, dan waktu pelaksanaan nya menyesuaikan keadaan dan kondisi sehingga tidak menggangu pelayanan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x