Mohon tunggu...
Abii Jati
Abii Jati Mohon Tunggu... Programmer

jatigunners@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

FaceAPP yang Kembali Viral

20 Juli 2019   00:32 Diperbarui: 20 Juli 2019   00:54 35 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
FaceAPP yang Kembali Viral
Foto : Abii Jati

Siapa yang belum update status model begini?, Pasti pada tahu ya, tren foto-foto seperti diatas agaknya viral sekarang ini. Kalau kamu ngak tahu minimal kamu mungkin heran kenapa banyak temen-temenmu kebanyakan bikin status dengan efek wajah tua ataupun muda, efek ini dibuat dengan Aplikasi FaceApp.

Sebenarnya FaceApp sudah mulai viral pada beberapa tahun silam atau tepatnya sekitar dua tahun lalu. 

Dalam catatan Detik.com, Disebutkan bahwa kali ini aplikasi foto editor itu memiliki algoritma dengan efek tua atau muda yang sudah lebih oke ketimbang saat viral sebelumnya.

Namun kehadirannya kini menimbulkan pro dan kontra, salah satunya berasal dari pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya. Menurutnya,dalam era Big Data ini, kita tidak tahu sejauh apa potensi bahaya data yang menurut kita simpel saja seperti data wajah. Seberapa berharga data wajah kita. Istilahnya sidik wajah. Karena sekarang sudah banyak aplikasi yg mampu menggunakan wajah sebagai metode autentikasi," kata Alfonso di CNN Indonesia

Bahkan dikutip dari SerambiNews, identitas wajah pengguna akan dikirimkan ke Rusia selaku Negara asal pembuatan aplikasi ini, sampai-sampai diselidiki oleh organisasi keamanan Amerika Serikat, FBI.

Untuk itu, saya sarankan kepada Pengguna agar lebih berhati-hati dalam pemakaian aplikasi ini. Baca terlebih dahulu kebijakan privasi nya apakah aman atau tidak. Terlebih bukan hanya aplikasi ini yang kita perlu waspadai, masih banyak aplikasi sejenis yang membutuhkan, berhubungan dengan pemakaian identitas pribadi. Jangan mudah memberikan data diri kepada aplikasi-aplikasi yang tak dikenal, mencurigakan, tak jelas layanannya. Penggunaan data diri memang sangat beresiko, dan dapat disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab. 

Seperti beberapa waktu lalu yang dikabarkan bahwa data Facebook bocor, aplikasi familiar sekaliber Facebook aja bisa dibobol apalagi yang kelihatannya simpel atau biasa aja. 

Di era digital ini apapun dapat dilakukan dengan kemajuan teknologi, sudah banyak kasus, kejahatan, kriminalitas yang ditimbulkan oleh teknologi. Pembobolan data, situs, atm, sampai pelecehan sudah marak terjadi dalam teknologi itu sendiri( disebabkan oleh teknologi), misalnya kasus ikan asin beberapa waktu lalu yang berawal dari konten YouTube yang berbau penghinaan.

Kedepannya diharapkan kita menjadi pengguna yang lebih pintar lagi dalam memakai teknologi. Teknologi memang positif, membantu pekerjaan manusia namun ia juga punya sisi gelap. Untuk itu selain lebih pintar kita harus dapat lebih bijak juga. 

Singkatnya teknologi itu tidak keberpihakan, ia akan positif jika kita gunakan secara positif dan juga sebaliknya ia akan negatif jika kita gunakan untuk maksud yang buruk.

Jangan salahkan Teknologi yaa😁

VIDEO PILIHAN