Mohon tunggu...
Abii Jati
Abii Jati Mohon Tunggu... Cah Purworejo

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ [ حديث البخاري ]

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Nelson Mandela, Presiden Kulit Hitam Pertama di Afrika

12 Juli 2019   17:30 Diperbarui: 12 Juli 2019   17:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Nelson Mandela, Presiden Kulit Hitam Pertama di Afrika
Foto : history.com

Nelson Mandela, itulah nama panggilan bagi revolusioner asal afrika ini. Nama lengkapnya yaitu Rolihlahla Mandela, tambahan "Nelson" didapat dari gurunya di sekolah. Lahir tahun 1918,  Ia anak pertama yang merasakan sekolah hingga kuliah dibandingkan saudara-saudaranya, jalan perlawanan memperjuangkan rasnya yang menghantarkan dirinyae jadi revolusioner.

Selain sebagai revolusioner, beliau merupakan politisi dan juga mantan Presiden Afrika Selatan. Beliau menjabat pada periode 1994 sampai 1999. Kiprah hidupnya sangat sulit karena keluar masuk penjara, lumrah karena perjuangannya melawan politik apartheid negerinya saat itu. Politik Apartheid sebagaimana yang kita tahu itu mengucilkan ras kulit hitam. 

Mandela sebagai keturunan ras tersebut tidak tinggal diam dan terus mengecam politik seperti itu karena menurutnya afrika bukan hanya milik ras orang-orang kulit putih Saja, melainkan milik semua ras disana tak terkecuali rasnya. Ia pun bergabung  dan ikut mendirikan ANC ( African National Congres) yang juga Anti-Apartheid.

Karena tindakan Anti-Apartheid nya itulah hidupnya penuh dengan tuduhan dan teror dari kalangan yang menganut politik apartheid dan kalangan pemerintah, karena tentu hal tersebut dapat menggoyahkan kepentingan pemerintah. Untuk mengatasi nya, nelson dituduh berbagai tuduhan yang mengantarkan nya ke penjara berulang kali.

Masyarakat Afrika khususnya ras kulit hitam sangat mengecam tindakan pemerintah terhadap mendela itu dan meminta nelson dibebaskan. Ada suatu moment dimana protes Masyarakat dilakukan dengan konser musik selama kurang lebih 120 jam tanpa henti, yang akhirnya menyentuh keprihatinan masyarakat dan negara dunia.

Tekanan oleh negara-negara didunia dan juga khususnya masyarakat Afrika Selatan membuat Nelson Mandela akhirnya dibebaskan. Sungguh perjalanan yang berat baginya melawan politik apartheid dan keberlangsungan hidup rasnya di negeri. Selama 27 tahun dipenjara, dengan berbagai penjara yang telah disinggahi akhirnya dibebaskan juga. 

Tak lama kemudian ia bersama partai nya berhasil memenangkan pemilu dan memimpin Afrika Selatan. Selama menjadi presiden ia mendirikan komisi kebenaran dan rekonsiliasi, yang kemudian menjadi wadah untuk menyelidiki pelanggaran HAM dimasa lalu. Wafat pada umur 95 tahun, ia berhasil memperbaiki kondisi Afrika Selatan dengan memerangi kemiskinan dan meningkatkan layanan kesehatan.

Referensi :

Faidi, A. Pemikiran Emas Tokoh-tokoh Politik di Dunia. Yogyakarta : IRCiSoD.2013

KONTEN MENARIK LAINNYA
x