Mohon tunggu...
MUHAMAD ABID
MUHAMAD ABID Mohon Tunggu... Dosen - Hidup Dalam perubahan itu Memang Sulit, Tetapi Hidup Tanpa Perubahan Akan lebih Sulit.

Saya adalah seorang dosen di UNIVERSITAS PAMULANG dan juga praktisi HR

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

"Vibes Leadership" Gaya Kepemimpinan Ideal untuk Generasi Milenial dan Generasi Z

22 Agustus 2023   23:10 Diperbarui: 25 Agustus 2023   13:15 1249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pemimpin modern. (Sumber: SHUTTERSTOCK/AKARAWUT via kompas.com)

Perkembangan bisnis saat ini semakin hari semakin meningkat dan terus berubah seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi hal ini juga sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Setiap perusahaan harus berupaya agar mampu mengikuti dan mengimbangi perkembangan tersebut untuk menjaga eksistensinya dan mampu mencapai tujuan bisnisnya.

Sejarah peradaban manusia telah menunjukkan bukti bahwa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan keberlangsungan suatu perusahaan adalah faktor kepemimpinan

Baik atau buruk, berhasil atau tidaknya, maju atau mundurnya suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan. Sehingga perusahaan membutuhkan kepemimpinan yang ideal untuk dapat memastikan kemajuan dan keberhasilan perusahaannya.

Kepemimpinan ideal menjadi dambaan atau harapan bagi setiap perusahaan, hal ini dipercaya dapat membawa banyak kebaikan bagi perusahaan dan seluruh anggota di dalam perusahaan tersebut, kepemimpinan dapat dipandang sebagai suatu instrumen dalam upaya mempengaruhi dan mengendalikan orang atau sekelompok orang agar mau bekerjasama dalam mencapai tujuan tertentu. 

Selain itu juga kepemimpinan sangat diperlukan dalam menggerakan aktivitas suatu perusahaan, jadi, kepemimpinan ini merupakan salah satu faktor penentu dan terpenting dalam suatu organisasi.

Selanjutnya, para anggota ataupun kelompoknya senantiasa akan lebih merasa aman dan nyaman dalam melakanakan tugas, kegiatan ataupun aktivitas dalam perusahaannya, dapat dikatakan bahwa kepemimpinan ideal akan menjadikan organisasi yang sehat.

Hal ini senada dengan penelitian yang pernah dilakukan Sahadi dalam jurnalnya Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi, dikatakan bahwa  karakter kepemimpinan yang ideal sedikitnya mempunyai delapan karakter, yaitu: cerdas, bertanggung jawab, jujur, dapat dipercaya, inisiatif, konsisten, adil dan lugas.

Kemudian juga seperti pendapat Sheila Murray Bethel dalam bukunya yang berjudul : "Making A Difference", terdapat tiga belas sifat, antara lain: memiliki visi dan misi, memiliki strategi dan pemikiran yang mampu memikat orang lain, memiliki etika untuk membangun kepercayaan anak buah.

Ada pula mampu menciptakan perubahan untuk masa depan, peka untuk menciptakan loyalitas, perani mengambil resiko, memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan, mampu mengambil keputusan yang bijaksana, mampu berkomunikasi secara efektif, mampu membangun tim, memiliki keberanian bertindak, memiliki komitmen yang kuat dam memiliki sifat jujur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun