Mohon tunggu...
Abi Azzam Alhanan
Abi Azzam Alhanan Mohon Tunggu... Guru - Berprofesi sebagai Guru Kimia SMA di SMA AL-FITYAN SCOOL MEDAN. Alumnus TOT Taplai Lemhannas Tahun 2020

teacher, motivator, trainer.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

3 Cara Praktis Membangkitkan Kesadaran Membaca pada Anak

15 September 2022   10:48 Diperbarui: 15 September 2022   11:09 151 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber www.istockphoto.com | karya Wavebreakmedia 

"Anda tidak bisa mengajarkan sesuatu kepada seseorang. Anda hanya dapat membantu orang itu menemukan sesuatu dalam dirinya." (Galileo Galile)

Membangun kebiasaan membaca bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, tidak hanya cukup dengan membeli buku dan membuat perpustakaan. Akan tetapi, bukan pula sebuah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Pada zaman informasi seperti yang terjadi saat ini, menemukan informasi bukanlah pekerjaan yang sulit.  

Namun ironisnya, minat baca masyarakat tetap saja rendah. menurut pemetaan kondisi yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI  kegemaran membaca di indonesia. Lewat kajian kegemaran membaca masyarakat indonesia di tahun 2021, yang mencakup 34 provinsi di Indonesia, nilai tingkat gemar membaca masyarakat Indonesia pada 2021 mencapai angka 59,52 dari    skala 0-100.  

Hal ini menunjukkan bahwa rendahnya minat membaca bukan hanya diakibatkan oleh ketiadaan sumber informasi, melainkan juga karena kondisi psikologis dan mentalitas seseorang. 

Untuk itu, membangun kebiasaan membaca harus dimulai dari membangun kepribadian individu. Apabila ingin membangun masyarakat membaca, harus melakukan upaya yang masif dan stimultan dalam membangun kepribadian masyarakat. Berikut ini 3 cara praktis membangkitkan kesadaran membaca :

1. Mempunyai Koleksi Buku yang Variatif

istockphoto-831651876-612x612-632296f1d734ba257114fd72.jpg
istockphoto-831651876-612x612-632296f1d734ba257114fd72.jpg
Sumber www.istockphoto.com | karya Pawel_B

Sampai saat ini telah banyak terbit buku dan literatur yang membahas tentang minat baca. Akan tetapi, kalau kita cermati ternyata sebagian besar buku-buku tersebut membahas peran orang tua atau guru dalam mengkondisikan anak atau murid, terutama usia bayi dibawah lima tahun sampai sekolah dasar supaya gemar membaca. Secara teoritis, buku-buku tersebut menggunakan pendekatan Pavlovian yang berlandaskan pada teori stimulus-respons serta pengkondisian. 

Adanya koleksi yang beragam dan variatif selanjutnya akan menimbulkan selera membaca. Selanjutnya selera membaca akan menimbulkan minat baca, yang kalau diulang-ulang terus-menerus akan menghasilkan kebiasaan membaca, selanjutnya kebiasaan membaca akan menimbulkan kesadaran membaca. Dan kesadaran membaca akan menjadi landasan dari pengembangan koleksi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan