Mohon tunggu...
Abel KY
Abel KY Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berlatih Menulis bersama Wikimedia Indonesia

12 November 2018   23:02 Diperbarui: 12 November 2018   23:15 307 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berlatih Menulis bersama Wikimedia Indonesia
drxy-djvaaahx3c-5be9a338c112fe2b9d5795c4.jpg

Senin siang (12/11),  teman-teman dari  Wikimedia Indonesia hadir di kampus 4 Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk memberikan pelatihan tentang cara penulisan artikel di situs Wikipedia.  Berjumlah sekitar 7-8 orang, mereka memberikan arahan dan bimbingan bagi mahasiswa agar mampu menghasilkan sebuah artikel yang berkualitas.

Bertempat di Laboratorium Komputer, tim tersebut mengenalkan tentang apa itu Wikipedia dan seluruh tujuan serta fungsinya. Tidak hanya itu, mereka juga mengenalkan komunitas mereka, Wikimedia Indonesia, kepada mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut.

Sebagai sebuah komunitas, Wikimedia Indonesia adalah gabungan dari berbagai penggiat dan penulis artikel di situs Wikipedia. Mereka juga mengemban misi penting untuk menghadirkan informasi pengetahuan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ada juga misi khusus tentang pendigitalisasian naskah-naskah kuno yang memiliki nilai budaya. Misi khusus tersebut mengupayakan agar masayarakat Indonesia dapat mengakses naskah tersebut sekaligus menjaga warisan budaya berupa tulisan yang mulai dimakan usia.

Setelah menjelaskan tentang Wikipedia dan Wikimedia, mahasiswa mulai diperkenalkan tentang langkah serta aturan yang harus ditaati ketika menulis artikel di Wikipedia. Setelah dibagi per kelompok berdasar penugasan, mahasiswa diminta untuk mengecek artikel Wikipedia mereka, untuk memastikan apakah artikel mereka masih ada atau sudah terhapus.

Tim Wikimedia menjelaskan bahwa bila artikel yang dimuat di Wikipedia tidak sesuai dengan kaidah dan aturan yang ada di Wikipedia, maka artikel tersebut secara otomatis akan terhapus. Setelah dicek, ternyata seluruh artikel yang diterbitkan tiap kelompok tidak ada yang terhapus.

Mengetahui bahwa seluruh artikel masih lengkap, Tim Wikimediapun mulai menjelaskan mengenai penulisan artikel. Diawali dengan gambaran umum, perlahan tim mulai menjelaskan poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel.

Poin pertama yang dijelaskan adalah perihal  status Wikipedia yang berlisensi terbuka, maka setiap orang berhak untuk mengakses sekaligus mengunggah serta menyunting artikel yang ada di situs tersebut. Dan karena bersifat netral, maka setiap penyunting tidak diperkenankan untuk menghapus sebuah bagian artikel yang bertentangan dengan anggapanya. Ini ditujukan agar artikel yang ada tetap seimbang dan tidak berat sebelah.

Poin penting lain yang juga disampaikan oleh Tim Wikimedia adalah pemilihan referensi. Setiap artikel yang dimuat di dalam Wikipedia, diwajibkan agar diambil dari sumber-sumber referensi terpercaya seperti buku cetak maupun digital. Untuk sumber media dalam jaringan, tidak semua media daring dapat dijadikan sebagai referensi yang dianjurkan oleh Wikipedia. Beberapa situs berita online masuk ke dalam daftar hitam Wikipedia lantaran penggunaan clickbait.

Tidak hanya itu, Wikipedia juga tidak menganjurkan penulisnya untuk mengambil referensi dari sumber daring berbasis opini seperti blog. Informasi yang dimunculkan di dalam media sosial juga tidak diperkenankan dimuat di dalam artikel, terutama yang menyangkut informasi personal. 

Penulisan artikel yang baik  

Poin yang diajarkan berikutnya adalah tentang kaidah penulisan artikel. Untuk dapat menghasilkan sebuah artikel yang baik dan diterima oleh masyarakat luas, artikel harus menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa yang digunakan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x