Mohon tunggu...
Abdussalam
Abdussalam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Depok

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Depok

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Jarak Jauh, Ini Dampak Positif dan Negatifnya

27 Februari 2022   08:40 Diperbarui: 27 Februari 2022   08:48 5188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selain mewajibkan setiap orang untuk menjaga 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak), pemerintah juga menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, atau biasa kita sebut dengan PJJ. Merupakan sistem pembelajaran alternatif yang dianjurkan oleh pemerintah guna memutus rantai penyebaran wabah virus Covid 19 yang terjadi saat ini. Namun metode pembelajaran ini tidak serta merta mudah dalam pengimplementasiannya. Bagi pelajar yg rumahnya jauh dan terpencil sarana media pembelajarannya sangatlah terbatas.

Di samping keterbatasan tersebut, kebijakan tersebut tentunya mempunyai berbagai dampak positif dan negatifnya. Berikut dampak positif dari pembelajaran jarak jauh:

  1. Meningkatkan kemandirian pelajar dalam mencari informasi baru terkait pelajaran yang dipelajarinya. Selama ini, masyarakat pada umumnya terbiasa dengan sistem pendidikan yang ‘disuapi guru’. Namun kini, semua pihak baik guru, siswa, maupun orang tua dipaksa terlibat bersama-sama dalam kemajuan pendidikan di masa pandemi. Misalnya, saat PJJ berlangsung siswa tidak hanya mengandalkan buku cetak saja sebagai sumber informasi tetapi juga berperan aktif dalam mencari informasi lain di internet. Begitupun orang tuanya terlibat langsung untuk membantu anaknya dalam belajar.
  2. Berkembangnya Pendidikan Berbasis Teknologi. Penutupan sebagian besar sekolah-sekolah pada saat ini, memaksa seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan teknologi. Hal ini mengharuskan semua individu yang terlibat untuk melek teknologi. Semua pihak yang terlibat akan belajar pentingnya teknologi, juga memahami pentingnya literasi teknologi dan digital. Sehingga Revolusi Industri 4.0 yang fokusnya terhadap teknologi ini pun bisa terlaksana dengan baik.
  3. Memicu berbagai Kreativitas di Dunia Pendidikan. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam pendidikan ini mengakibatkan banyaknya kreativitas-kreativitas yang muncul seperti aplikasi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran online yang mulai menjamur di masyarakat, adanya peningkatan jumlah kursus online gratis, dan program-program yang dilakukan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi RI berupa Relawan Pengendalian Covid-19 (RECON), KKN Tematik, Mengajar Dari Rumah (MDR), dan lain sebagainya.

Sedangkan dua dampak negatif yang sangat terasa dari sistem PJJ ini adalah:

  1. Prestasi pelajar yang cenderung menurun juga mengalami berbagai kesulitan dalam memahami materi. Dikarenakan banyaknya guru yang menggunakan metode penugasan kepada siswa, tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu.
  2. Menurunnya akhlak pelajar. Dikarenakan wajib memiliki Handphone android, karena semua tugas yang diberikan oleh guru biasanya melalui aplikasi di HP, sekilas memang memudahkan bagi siswa, namun dibalik kemudahan itu juga ada dampak negatifnya yaitu porsi waktu antara mengerjakan tugas dengan bermain game, maka porsi waktu bermain game jauh lebih lama daripada porsi waktu mengerjakan tugas, sehingga pada akhirnya siswa lebih banyak bermain gamenya daripada mengerjakan tugas. Sehingga yang mestinya waktu yang ada digunakan untuk hal-hal yang positif menjadi terabaikan, apalagi orang tuanya yang selalu menekankan kedisiplinan dalam melaksanakan ibadah seperti sholat menjadi terganggu, sehingga terjadilah pertengkaran antara orang tua dengan anaknya, dikarenakan anaknya tidak mau melaksanakan perintah orang tuanya. Hal inilah yang menjadi penyebab menurunnya akhlak pelajar.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif yang dirasakan sejak berlakunya sistem PJJ ini. Dalam kondisi ini, peran orang tua sangatlah diperlukan, guna mengawasi dan membimbing anak agar selektif dalam melakukan aktivitas-aktivitas selama di rumah.

Selamat berproses dan berprogres! 😊

Sumber:

Munandar, A. A. (2021, Agustus 1). Dampak Positif Pembelajaran Jarak Jauh (Oleh Aulia Alifeira Munandar, Matematika FPMIPA UPI). Retrieved from Departement of Mathematics Education UPI: https://home.matematika.upi.edu/id/dampak-positif-pembelajaran-jarak-jauh-oleh-aulia-alifeira-munandar-matematika-fpmipa-upi/

Utara, D. P. (2021, Oktober 8). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PRESTASI DAN AKHLAK SISWA TAHUN AJARAN2020/2021. Retrieved from Dinas Pendidikan Hulu Sungai Utara: https://disdik.hsu.go.id/2021/10/08/dampak-positif-dan-negatif-pembelajaran-online-di-masa-pandemi-covid-19-terhadap-prestasi-dan-akhlak-siswa-tahun-ajaran2020-2021/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun