Mohon tunggu...
Abdurrofi
Abdurrofi Mohon Tunggu... Ilmuwan - Penyuka Kopi dan Investasi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Investasi gagasan untuk masa depan

Selanjutnya

Tutup

Politik

Ini PKS atau Shopee, Kok Mirip?

2 Desember 2020   07:00 Diperbarui: 2 Desember 2020   07:12 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Warna logo baru PKS mirip Shopee (photo : grid.com)

Jika boleh tahu, apa rasa dan bedanya ketika dulu belanja ketika kecil dengan sekarang kita sudah belanja untuk anak melalu aplikasi. Namun, kini partai politik agak berbeda. Bagaimana kalau saya menyisipkan pesan moral dari logo PKS mirip shopee.

Dahulu  Forrest Xiaodong Li adalah seorang Tionghoa mayoritas di Negara China. Ia sangat menyukai warna orange karena warna orange merupakan perpaduan antara warna merah dan kuning. Warna orange memberikan kehangatan dan semangat sejak Li muda.

Orangtua Li mengajarkan anak untuk bisa mengatur waktu antara bermain dan belajar. Li memperoleh gelar sarjana teknik dari Universitas Shanghai Jiaotong, dan MBA dari Stanford Graduate School of Business.

Sebelum ekspansi bisnis Shopee ke Indonesia, Ia jelas membangun bisnis model Shopee dengan kerugian masuk akal melawan Lazada dan Tokopedia yang keduanya dimiliki Alibaba. Ada tema yang mereka tawarkan dengan penawar menarik.

Kelontong orange dalam bentuk aplikasi shopee sebagai marketplace terpopuler di mata masyarakat menunjukkan bahwa Shopee memiliki citra perusahaan yang baik. Artinya, semakin baik citra perusahaan maka semakin meningkat keputusan pembelian.

Disini reputasi menjadi salah satu parameter bagi banyak orang dalam mengambil berbagai macam keputusan penting seperti membeli barang atau jasa. Perusahaan shopee adalah online marketplace mempermudah untuk pembeli.

Oleh karena itu, untuk selanjutnya Shopee memiliki minat tinggi dari generasi muda dengan iklan yang melibatkan pesepak bola, artis kpop, dan tokoh berpengaruh di Indonesia sehingga selama pandemi kekayaan Li meningkat drastis.

Ekspansi keras dunia politik mendorong PKS melakukan transformasi mendekati generasi milenial lewat gaya bermedia sosial, gaya berpakaian, atau gaya bicara lebih mudah.

Ini menjadi saingan marketing melawan PSI, Perindo Partai Gelora, dan Partai Berkarya yang mengusung konsep milenial namun basis belum kuat. Hasil kinerja PKS tidak bisa langsung dinikmati seperti bisnis Shopee.

PKS Orange harus terus berkolaborasi dengan tokoh dunia entertaiment seperti Rafi Ahmad yang memiliki citra positif, pelawak kondang Sule, dan tokoh-tokoh yang lain dalam komunikasi nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun