Mohon tunggu...
Abdurrofi Abdullah Azzam
Abdurrofi Abdullah Azzam Mohon Tunggu... Ilmuwan - Intelektual Muda, Cendikiawan Pandai, dan Berbudaya Asia Afrika

Jangan pernah lelah mencintai Indonesia menjadi negara adidaya di dunia. Email Admin : axelmanajemen@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Transformasi Komponen Cadangan untuk Darurat Militer di Indo-Pasifik

5 September 2022   11:58 Diperbarui: 5 September 2022   12:25 182 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transformasi Komponen Cadangan Untuk Darurat Militer Indo-Pasifik. Canva: Abdurrofi Abdullah Azzam

Darurat militer di Indo-Pasifik sejak Presiden Amerika Serikat Joe Biden berencana meminta Kongres untuk menyetujui penjualan senjata senilai 1,1 milliar dolar AS ke Pemerintahan Taiwan memberikan efek domino negatif bagi Indonesia.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan meminta Kongres menyetujui penjualan senjata senilai 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,961 triliun kepada Pemerintah Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri termasuk 60 rudal anti-kapal dan 100 rudal udara-ke-udara dikutip dari kompas.com pada tanggal 5 September 2022.

Transformasi Komponen Cadangan (Komcad) ditempatkan ke dalam unit-unit yang baru diorganisir, dilatih, dan kemudian dikerahkan bila negara-negara darurat militer di Indo-Pasifik.

 Transformasi Komcad dimobilisasi oleh Presiden Indonesia dengan persetujuan DPR RI. Sementara komando dan kendalinya berada di Panglima TNI untuk menjaga stabilitas dan perdamaian dunia. Indo-Pasifik menjadi sebuah pusat memiliki perlombaan senjata.

Australia, Amerika Serikat, dan Inggris membentuk aliansi pertahanan baru. Diberi nama AUKUS, untuk perlombaan senjata dan kompetisi pengaruh dengan hegemoni Tiongkok di Indo-Pasifik.

Transformasi semacam itu membayangkan sentralisasi unit cadangan dan penggabungannya ke dalam struktur kesiapan berjenjang baru pada fitur penting dari geopolitik dunia menuju Indo-Pasifik.

Kawasan Indo-Pasifik telah muncul sebagai pusat gravitasi, pusat utama global kegiatan ekonomi, militer, diplomatik dan budaya di abad ke-21.

Transformasi komponen cadangan menjadi kekuatan bersenjata yang kompetitif dengan konsekuensi yang berpotensi berbahaya bersama dengan ekonomi dan pasar yang kuat pasukan, dan para pemain terlibat dalam kontes diplomatik dan penggunaan diplomasi budaya.

Tanda-tanda vital yang menandakan semakin pentingnya komponen cadangan pada kawasan ini meliputi:

1. Perdagangan dan kegiatan ekonomi mencapai triliunan dolar dan relatif stabil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan