Mohon tunggu...
Abdurrachman
Abdurrachman Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa UIN Malang

hidupkan literasi, salam lestari!!!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKM-DR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang : Kegiatan Sosialisasi Kesehatan dan Moderasi Beragama di SD Negeri 01 Tlekung

28 Januari 2022   23:51 Diperbarui: 31 Januari 2022   09:20 44 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Sama pentingnya dengan aspek yang lain seperti ekonomi, politik, budaya dan lain-lain. Untuk mewujudkan negara yang maju sekalipun kesehatan merupakan hal yang wajib untuk diperhatiakan karena untuk mewujudkan negara yang maju maka warga negara harus memiliki kesehatan yang bagus untuk membangun negara yang bagus pula.

Masih dalam suasana pandemi dan yang mana juga terdapat peralihan musim seperti ini yang terpenting adalah mengenai dengan kesehatan. Kesehatan menjadi kebutuhan yang sangat diutamakan pada masa saat ini dan tidak bisa dianggap main-main. Oleh karena itu, mahasiswa/i KKM UIN Malang kelompok kerja di Dusun Gangsiran Desa Tlekung menyikapi hal ini dengan melakukan sosialisasi kesehatan di SDN 01 Tlekung kecamatan Junrejo Kota Batu.

Yang mana SD tersebut terletak di desa Tlekung, akan tetapi agak jauh dari kontrakan yang kami tempati. Kemudian diantara yang menjadi sorotan bagi kami terhadap siswa-siswi tingkatan SD dalam sosialisasi Kesehatan adalah pentingnya menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar. Terkait hal tersebut kelompok kami mengajak kerja sama dengan SDN 01 Tlekung untuk bersedia dijadikan sebagai sasaran dalam kegiatan dari progam kerja yang kami susun. 

Kegiatan ini kami memberi nama yaitu  GALAKSI (Gelar Aksi Sosialisasi Kesehatan dan Moderasi Beragama), yang mana kegiatan tersebut diadakan pada hari Jum'at, 14 Januari 2022. Selain dari kegiatan sosialisasi kesehatan, kami juga melakukan sosialisasi terkait dengan pentingnya ber moderasi beragama dan pentingnya bertoleransi serta menghargai yang berbeda dengan kita, karena walaupun berbeda dalam hal keyakinan beragama, sebagai warga Indonesia kita semua sama sebagai warga negara, dalam hal apapun kita juga sama sebagai manusia, merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam segala aspek kehidupan. Hal itulah yang coba kami sampaikan kepada para siswa-siswi SDN 01 Tlekung dengan menyampaikan secara langsung atau disampaikan oleh pemateri dari kami maupun disampaikan dengan berbentuk short film.

Dalam Sosialisasi tersebut diadakan dengan cara berkelompok dimana kelompok pertama yaitu kelas 1-3 kemudian kelompok kedua yaitu kelas 4-6. Adik-adik dikumpulkan terlebih dahulu di aula sesuai dengan kelompoknya dan didampingi oleh masing-masing pendamping kelas. Kegiatan ini dilakukan dari pukul 07.30-11.00 WIB dan selama kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menggunakan hand sanitizer.

Selain mensosialisasikan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar, adik adik kelas 4-6 juga menonton film pendek mengenai moderasi beragama, kemudian beberapa dari siswa siswi maju ke depan untuk menyimpulkan pesan yang disampaikan dalam film tersebut. 

Setelah menonton film, mereka diarahkan ke wastafel yang berada di depan kelas untuk langsung mempraktekkan apa yang sudah disosialisasikan bersama dengan pendamping kelasnya masing-masing. Diharapkan setelah adanya kegiatan ini, para siswa dan siswa SDN 01 Tlekung mampu menerapkan apa yang sudah diajarkan bagaimana cara mencuci tangan serta menggosok gigi dengan benar agar dapat mebudidayakan hidup sehat dalam kesehariannya dan juga dapat mengetahui maksud serta pengertian dari moderasi beragama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan