Mohon tunggu...
Abdul Salam Atjo
Abdul Salam Atjo Mohon Tunggu... Petani - Penyuluh Perikanan

Berkarya untuk petani

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bupati Pinrang Mengapresiasi Kinerja Matching Fund UMI

21 Oktober 2022   18:31 Diperbarui: 21 Oktober 2022   19:09 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid menerima Tim Matching Fund Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan pengurus Koperasi Syariah (Kopsyah) Gapoktan Lanrisang serta Kepala Kelurahan Lanrisang di Kantor Bupati Pinrang, Selasa (18/10) siang. Tim dipimpin oleh Prof. Muhammad Hattah Fattah selaku Koordinator Matching Fund UMI di dampingi anggota Tim Matching Fund UMI dan Ketua Kopsyah Gapoktan Lanrisang Syarifuddin Zain beserta pengurus serta perwakilan Penggiat Filantropi Pemuda Lanrisang. Kopsyah Gapoktan Lanrisang dan mitra kerja Matching Fund UMI di Kabupaten Pinrang.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Sekretariat Daerah Pinrang Andi Budaya Hamid dan Kepala Dinas Perikanan, Syahruddin tersebut, Prof. Muhammad Hattah Fattah melaporkan beberapa kegiatan yang sedang berlangsung termasuk dukungan Tim Matching Fund UMI terhadap keberhasilan PANDAWA-1000 di Kecamatan Lanrisang. PANDAWA-1.000 adalah pilot project yang bertujuan membangkitkan kembali keberhasilan budidaya udang windu setelah mengalami gagal panen secara masif sejak tahun 1998 sampai dengan 2007. 

Pilot Project PANDAWA-1.000 meliputi areal seluas 1.011,15 ha dan melibatkan pembudidaya sebanyak 733 orang. Pada kesempatan tersebut Prof. Hattah juga menyampaikan rencana panen udang windu yang  akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan pada 24 November 2022. "Selain panen udang windu Pak Gubernur juga diagendakan untuk melakukan restocking  udang windu ke laut dan penanaman mangrove di saluran tambak," ungkap Prof. Muhammad Hattah Fattah. 

Kegiatan restocking dan penanaman mangrove bertujuan melestarikan lingkungan dan meningkatkan ketersediaan induk udang windu yang menjadi bagian penting dari satu diantara dukungan Matching Fund UMI terhadap keberhasilan Pilot Project PANDAWA-1.000. Kegiatan restocking dan penanaman mangrove dikemas dalam bentuk Filantropi yang ditangani langsung oleh Penggiat Filantropi Pemuda Lanrisang. Filantopi adalah kegiatan sosial dalam bentuk partisipasi dan donasi masyarakat untuk perbaikan lingkungan dan peningkatan ketersediaan induk udang windu di laut yang dikelola oleh pemuda di Kecamatan Lanrisang. Penggiat Filantropi Pemuda Lanrisang mendapatkan pembinaan dan edukasi melalui Maching Fund yang dilaksanakan oleh UMI di Kecamatan Lanrisang.

Foto:humas 
Foto:humas 

Selain itu Prof. Hattah juga melaporkan kepada Bupati Pinrang tentang prestasi yang telah diraih oleh Kopsyah Gapoktan Lanrisang sebagai Juara III Lomba Inovasi Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) 2021. "Pagi tadi Kopsyah Gapoktan Lanrisang telah melaunching website sebagai media promosi dan pemasaran produk secara digital," kata Prof. Hattah Fattah. Pemasaran produk akan dilakukan secara on-line untuk memperluas pangsa pasar dan peningkatan pendapatan Kopsyah Gapoktan Lanrisang.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid  menyambut gembira kegiatan Matching Fund UMI termasuk dukungan terhadap PANDAWA-1000 yang sedang berlangsung di Kecamatan Lanrisang. Bupati berharap agar kegiatan tersebut berlanjut untuk tahun berikutnya. "Kita sudah melihat manfaat dan dampak dari kegiatan tersebut yang telah dirasakan oleh masyarakat," kata Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid. Pembinaan yang dilakukan Tim Matching Fund UMI diharapkan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Pinrang khususnya kesuksesan Pilot Project PANDAWA-1000 dan Kopsyah Gapoktan Lanrisang. Dukungan pembinaan Tim Matching Fund UMI terhadap Kopsyah Gapoktan Lanrisang diharapkan akan menghadirkan koperasi andalan di Kabupaten Pinrang yang dikelola secara digital.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun