Mohon tunggu...
Abdulloh
Abdulloh Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Pengajar dan pendidik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Masa Kini

25 November 2022   10:16 Diperbarui: 25 November 2022   10:30 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat, 25 November 2022

Hari guru pada tahun ini jatuh pada hari jumat tanggal 25 November 2022

Guru adalah orang yang sangat berjasa dalam mendidik, mengajar dan memberikan motivasi dalam kehidupan baik formal maupun non formal. Guru adalah orang yang sangat perduli terhadap perkembangan anak didik sampai seorang guru rela meninggalkan pekerjaan rumah untuk mengerjaan prefesi yang mulia yaitu mengajar, pendidik  dengan penuh kasih sayang, sabar dan telaten. Guru tidak memperdulikan dirinya dan tidak mengharap balasan dari dari seorang murid, namun hanya satu tujuan guru yaitu mengantarkan kesuksesan terhadap muridnya. ketika muridnya sukses maka terbayarlah rasa lelah capek bahkan rasa sakitpun tidak terasa dan terobati dengan kesuksesan muridnya. Guru adalah orang yang sangat sabar dan perduli dengan kesuksesan muridnya, bahkan guru rela meninggalkan keluarga, anak, sumi, istri demi mengantarkan kesuksesan murid. walaupun kadang kadang murid membuat kesal guru tapi guru tetap sabar dan tabah dalam mendidik muridnya.

seorang guru harus mampu melewati tantangan dan harus mengupdate keilmuan masa kini. Perkembangan dunia saat ini sangatlah cepat bahkan zaman globalisasi sudah memasuki era serba internet. seorang guru harus dan bakan harus dipaksakan untuk mengikuti perkembangannya era Milineal yang serba terkoneksi dengan teknologi yang berkembang, demi cita cita guru tercapai dan menjadikan murid yang mampu menghadapi kompetisi  tantangan era digital maka guru harus berperan aktif mengasah dan mengupdate keilmuan teknologi hingga memiliki pengetahunan, kompetensi serta skil karakter peserta didik tertanam dengan baikserta  siap terhadap tantangan pada saat ini dan masa depan. guru harus terus menerus mengikuti perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuandan tekonolgi serta perubahan sosial, kultur masyarakat. 

Guru harus memiliki pola pikir ( mindset) melakukan perubahan transformasi untuk menyesuikan zaman di era digital yang sangat cepat. dan guru harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan  dan harus mampu mengaplikasikan ke teknologian terkini. terlebih saat ini terjadi digitaliasasi dalam dunia pendidikan, yang sudah melahirkan dan menciptakan metode pembelajaran secara digital dan sistem baru dalam proses pembelajaran baik dalam sekolah maupun di luar sekolah, seperti pembalajaran secara daring dan luring. pada era saat ini guru, tenaga pendidik harus menyikapi perubahan dengan cerdas ( smart) sehinggga guru berhasil dalam mendidik murid yang kratif, inovatif dan kopetitif dan dapat mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan zaman.

(Penulis adalah guru Madrasah Darul Hidayah Cipondoh dan dosen tetap ekonomi syariah Universitas Pamulang)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun