Mohon tunggu...
Abdul khalikfikri
Abdul khalikfikri Mohon Tunggu... Poto pribadi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

al-lubab MEDIA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pakaian Orang-orang Shaleh

21 Mei 2019   14:22 Diperbarui: 29 Mei 2019   19:05 0 2 0 Mohon Tunggu...
Pakaian Orang-orang Shaleh
wanita-shalihah-5ce3c76f6b07c52e6c6be4f4.jpg

Assalamualaikum wr wb

sahabatku yang budiman

Apa itu pakaian???

Dalam wikipedia menjelaskan bahwa Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya.

Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Pakaian juga meningkatkan keamanan selama kegiatan berbahaya seperti hiking dan memasak, dengan memberikan penghalang antara kulit dan lingkungan. Pakaian juga memberikan penghalang higienis, menjaga toksin dari badan dan membatasi penularan kuman.

Salah satu ayat dalam Al-qur'an menyebutkan 

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik." (QS. Al-A'raf: 26).

Dalam ayat ini Allah menyebutkan pakaian itu terbagi menjadi dua, yakni pakaian zohir dan pakaian batin, pakaian zohir adalah pakaian yang biasa kita pakai sehari-hari yang memiliki dua fungsi, pertama sebagai penutup aurat dan kedua sebagai perhiasan. Adapun pakaian batin itu adalah pakaian atau pelindung jiwa kita dari segala perbuatan yg tidak sesuai dengan apa yang telah di gariskan oleh Agama agar supaya semua gerak gerik, tingkah laku, sikap dan perbuatan sejalan dengan perintah sang Khalik, pakaian itu tidak lain adalah ketakwaan. 

Dalam ayat lain Allah berfirman 

...هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ

mereka (para istri) adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka... (al-baqarah 187).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2