Mohon tunggu...
abdul jamil
abdul jamil Mohon Tunggu... Mahasiswa - selalu belajar

Tukang Ketik

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menghilangkan Rasa Malas

5 Oktober 2022   06:10 Diperbarui: 5 Oktober 2022   12:25 94 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto Pribadi saat di Tangerang

Dalam melaksanakan pekerjaan di dunia akademik atau profesi lainnya, tentu semua pernah ditimpa rasa malas atau mager bersangatan. padahal sudah membuat kopi, menyiapkan laptop atau catatan pendukung, yang kesemuanya sudah tersusun rapi di meja kerja.

Lalu apakah anda atau pembaca langsung bekerja dengan menulis atau malah fokus mainan hp, cek status medsos atau justru mantengin berita, gosip, ghibah yang tidak pernah ada habis-habisnya. 

Pernahkah saudara mengalami itu? Jika pernah maka saudara dan saya adalah satu sever di dunia bermalas-malasan. Padahal kopi sudah dibuat, buku sudah di meja, kemudian laptop sudah menyala, tapi yang dikerjakan justru hal yang tidak ada kaitannya dengan apa yang sudah disiapkan.

Mengatasi perasaan malas memang sulit dan cukup berat, rasa itu harus dipaksa, dibiasakan dan dilawan. Saat pembaca ingin membaca, kemudian muncul rasa malas maka paksalah untuk membaca, karena hanya dengan cara itu perasaan malas bisa dihilangkan

Saya adalah perantau yang tinggal sendiri di kota Palangka Raya sejak tahun 2000 -an maka untuk bertahan "hidup" harus mengandalkan dua tangan dan kaki ini, sebab tidak ada sanak keluarga yang diharap bantuannya di perantauan

Sebagai seorang yang telah terbiasa hidup lama di perantauan, semua perkejaan harus dilakukan sendiri, seperti: memasak, cuci baju, cuci piring dan kesibukan lainnya harus dilakukan sendiri, kenapa? karena tidak ada siapa-siapa (keluarga) yang dimintai bantuan, maka saya harus mandiri.

Jadi hampir seluruh pekerjaan rumah tangga selain tugas utama waktu itu (belajar dan bekerja). baik itu mencuci pakaian, menjemur pakaian, mencuci kendaraan, memasak, menyeterika, dan membersihkan kosan dilakukan sendiri

Dari pengalaman ini ada sebuah rahasia atau trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, diantaranya:

Pertama: Satu Langkah Lebih Maju

Ketika muncul perasaan malas mencuci pakaian, segera rendamlah pakaian dalam cucian, walau rasa malas itu muncul kalo baju susah direndam dengan deterjen mau tidak mau akhirnya kita mengerjakannya juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan