Mohon tunggu...
abdul jamil
abdul jamil Mohon Tunggu... Mahasiswa - selalu belajar

Tukang Ketik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tiga Cara Menggapai "Tri Sukses" bagi Mahasiswa Baru

27 September 2022   09:22 Diperbarui: 27 September 2022   09:25 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penulis saat aktif di Organisasi Ekstra Kampus, yaitu PMII (Dokpri)

Tahun ajaran baru bagi Mahasiswa telah dimulai, tentu semangat dan genderang "perang" telah ditabuh bagi para pejuang "sarjana".

Status sebagai pelajar yang menenteng kata "MAHA" sebelum Siswa, adalah kebanggaan bagi mereka, sebab Tuhan dan Mahasiswalah yang berhak untuk menyandang status "MAHA"

Mahasiswa menempati peran sebagai the agen of change, yaitu sebagai agen perubahan. Mahasiswa mempunyai peran dan kapasitas untuk masuk dan berperan dalam banyak hal, seperti: politik, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

Maka status sebagai mahasiswa adalah generasi penerus yang memiliki posisi tawar  yang cukup tinggi, baik dengan pemerintah, masyarakat atau lembaga lainnya.

Kekuatan yang tersematkan pada status mahasiswa memang sangat ditakuti, bahkan meruntuhkan sebuah rezim kepemimpinan Soeharto di era 1998, juga tidak lepas dari peran para pemuda yang menyandang status mahasiswa.

Mereka bergerak menyuarakan ide, gagasan dan satu tekad untuk meruntuhkan rezim yang telah bercokol lebih dari 30 tahunan dan telah banyak merugikan bangsa ini dengn tindakan seperti lolusi korupsi dan matinya demokrasi

Begitu pentingnya peran dan status seorang mahasiswa, kadang banyak ditemukan mahasiswa yang terlena dalam satu target saja (menjadi aktifis) dan lupa akan tugas pokok lainnya sebagai seorang  pelajar.

Maka harus diingat bahwa selain sebagai "the agen off change" ada kewajiban yang sama pentingnya, dan berkaitan langsung untuk masa depan bagi mahasiswa itu sendiri

Maka dikenallah dalam dunia kampus istilah TRI SUKSES, yaitu sukses studi, pribadi dan organisasi. Tidak banyak mahasiswa yang berhasil menggapai tiga kesuksesan tersebut, sebab berat dan tentu menyita banyak waktu dan tenaga.

Mahasiswa yang mampu mendapatkan 3 label tersebut adalah mahasiswa yang hebat, sebab mampu mengatur, mengikuti serta aktif dalam mendapatkan tiga status "kesuksesan" yang sering digaungkan para mahasiswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun