Mohon tunggu...
abdul afit
abdul afit Mohon Tunggu... Freelancer - Tutor geografi

Bumi dan bola, sama-sama bundar!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sepak Bola Asia Sedikit Cerah?

25 September 2022   20:10 Diperbarui: 26 September 2022   08:11 156 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Jepang merayakan gol ke gawang Amerika Serikat (sumber Japan Football) 

Pertandingan internasional pekan ini diwarnai banyak kejutan. Dari Eropa sampai Asia. Di Eropa, Jerman dipermalukan Hungaria dikandangnya dilanjutkan UEFA Nation's League. Kekalahan pertama yang diderita Jerman atas Hungaria untuk pertama kalinya dalam 37 tahun. Terakhir kali Jerman kalah dari Hungaria dengan skor 1-0 pada tahun 1985 pada pertandingan persahabatan. 

Sedangkan pertandingan persahabatan yang dijalani beberapa tim-tim Asia juga memunculkan banyak kejutan. Tim-tim Asia yang secara peringkat FIFA kalah jauh dari lawan-lawannya mampu memenangkan pertandingan. Ini seperti sedikit membuka harapan cerahnya masa depan sepak bola Asia. Asia tidak akan dianggap lagi sebagai benua terlemah di sepak bola. 

Berikut 4 pertandingan persahabatan yang dimenangkan tim-tim Asia:

1. Indonesia (peringkat 155 FIFA) vs  Curacao (84) 

Bertanding di stadion Gelora Bandung lautan api disaksikan sekitar 7.000 penonton, timnas Indonesia tampil menggelora. Perbedaan peringkat yang sangat jauh tidak membuat Timnas Indonesia minder. Justeru, timnas mampu menumbangkan timnas Curacao yang diperkuat pemain-pemain yang bermain di Eropa. Timnas Indonesia mengejutkan publik karena mampu tampil dengan konsisten dan bermain cantik. Kedua tim saling berbalas gol dengan kedudukan akhir Indonesia 3-2 Curacao. Bonus kenaikan 3 peringkat FIFA buat Indonesia atas kemenangan ini. 

2. Uzbekistan (77) vs Kamerun (38) 

Kedua tim bertanding ditempat netral di Stadion Goyang, Korea Selatan. Diperkuat oleh pemain-pemain yang merumput di Eropa,Uzbekistan memenangkan pertandingan atas tim benua Afrika,Kamerun dengan skor 2-0. Gol Uzbekistan dicetak pemain asal klub  Torpedo Moskwa, Hojimat Erkinov  dan FC Ural, Oston Urunov. Kedua pemain muda ini bermain di liga Primer Rusia. 

3. Iran (22) vs Uruguay (13) 

Satu-satunya gol Iran dicetak striker FC Porto, Mehdi Taremi. Gol tunggal ini membuat Iran menang atas salah satu tim kuat dunia asal Amerika Latin, Uruguay.

4. Jepang (24) vs USA (14) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan