Mohon tunggu...
abdul afit
abdul afit Mohon Tunggu... Freelancer - Tutor geografi

Bumi dan bola, sama-sama bundar!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Klub Eropa Rasa Jepang

11 September 2022   10:00 Diperbarui: 11 September 2022   10:00 165 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Furuhashi,Hatate, Maeda dan Ideguchi, Pemain-pemain Jepang yang bermain untuk klub asal Skotlandia, Glasgow Celtic (sumber: Japan Football) 

Klub-klub Eropa saat ini mulai banyak melirik bakat-bakat sepak bola dari Asia, terutama dari Jepang, Iran dan Korea. Ketiga negara Asia ini paling banyak mengekspor pemain sepak bola ke Eropa. 

Mereka yang direkrut klub Eropa bukan hanya sebagai alat marketing untuk kawasan Asia saja tapi memang benar-benar memiliki kualitas. 

Terbukti dari kepercayaan pelatih untuk menurunkan mereka disetiap pertandingan. Bukan hanya kompetisi domestik saja tapi juga kompetisi regional di Eropa seperti Liga Champions, Liga Eropa dan Liga konferensi. 

Jika ada klub yang menurunkan satu atau dua orang pemain Asia dari daftar susunan pemain (DSP) saya pikir itu hal biasa. 

Tetapi jika ada 3, 4 atau 5 pemain dalam daftar susunan pemain dan semuanya dimainkan, saya pikir itu luar biasa. Suatu kemajuan buat sepak bola Jepang dan Asia. 

Berikut klub-klub Eropa rasa Jepang

1. Sint Truidense VV (Belgia) 

Sint Truidense adalah kontestan Pro Liga Belgia. Di klub ini terdapat lima pemain asal Jepang yaitu Daniel Schmidt (kiper), Daiki Hasioka (midfielder),Shinji Kagawa (midfielder), Shinji Okazaki (forward) dan Daichi Hayashi (forward). 

Sampai pekan ke 8 Pro Liga Belgia, kelima pemain Jepang ini hampir selalu bermain dan ada di starting XI. Lebih banyak daripada pemain lokal Belgia yang hanya ada dua sampai empat pemain. 

Daniel Schmidt, Shinji Kagawa, dan Hasioka selalu dimainkan sampai pekan 8. Kagawa  sudah mencetak 1 gol. Hayashi main 7 kali dan cetak 2 gol. Okazaki baru bermain 4 kali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan