Mohon tunggu...
Abdul Mutolib
Abdul Mutolib Mohon Tunggu... Guru - Pendidik dan pegiat literasi

Penulis buku teks pembelajaran di beberapa penerbit, pegiat literasi di komunitas KALIMAT

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengapa Motivasi Diri Itu Sangat Penting?

17 Desember 2020   08:29 Diperbarui: 17 Desember 2020   08:32 246 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Motivasi Diri Itu Sangat Penting?
www.wantedly.com

Tidak sedikit orang yang merasa tidak tahu harus berbuat apa dalam hidupnya. Ke depannya mau jadi apa, juga tidak ada gambaran.

Sebagian orang  telah menetapkan tujuan tertentu untuk masa depan hidupnya. Ingin jadi ini atau itu. Tapi ia tidak tahu harus melakukan apa untuk mencapai tujuan hidup itu. Atau ia merasa amat berat jalan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Ada juga orang yang memiliki keinginan dan cita-cita besar nan mulia dalam hidupnya. Ia juga mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meraih apa yang dicita-citakan. Tetapi  akhirnya ia tidak melakukan apa-apa untuk mewujudkan tujuan hidupnya.

Apa yang menjadi masalah utama pada gambaran tersebut? Masalah utamanya adalah ketiadaan atau lemahnya motivasi. Ketika seseorang tidak memiliki motivasi atau lemah motivasinya maka ia akan kehilangan energi dan kehilangan cara untuk melakukan hal-hal yang mengantarkan pada kesuksesan hidupnya.

Perhatikan orang-orang sukses yang anda kenal atau anda ketahui! Apakah mereka orang-orang paling cerdas yang anda ketahui atau paling kaya atau orang-orang yang diuntungkan oleh nasib? Tentu tidak. Mereka tiada lain adalah orang-orang yang memiliki motivasi sukses lebih dari orang lain.

Motivasi sebagaimana diungkapkan oleh Gage dan Berliner (1979) adalah sesuatu yang mendeskripsikan apa yang memacu seseorang dan tujuan orang melakukan kegiatan. Dengan adanya motivasi pada diri seseorang, akan mendorongnya untuk melakukan segala hal yang menjadi keinginan dan tujuannya. Berbagai tekanan dan tantangan akan lebih mudah dihadapi oleh jiwa-jiwa yang memiliki motivasi.

Motivasi bisa datang dari dalam diri seseorang atau pun dari luar atau lingkungan yang mengitarinya. Setiap individu sangat penting untuk menumbuhkan dan membangun motivasi baik secara internal maupun dari orang lain. Namun motivasi yang lahir dari diri sendiri itulah yang harus lebih ditumbuhkan, karena pengaruhnya lebih kuat. Ada petuah yang mengatakan, "Jika kamu mencari satu orang yang akan mengubah hidupmu, lihatlah di cermin. Petuah itu mengingatkan bahwa kekuatan yang sebenarnya yang dapat mengubah hidup kita lebih baik bahkan secara spektakuler adalah kekuatan motivasi yang datang dari dalam diri kita.

Apakah motivasi dalam diri seseorang muncul dengan sendirinya? Secara fitrah tentu manusia memiliki keinginan-keinginan dalam hidup. Tapi apakah keinginan-keinginan itu adalah sesuatu yang tepat atau memiliki kekuatan besar menggerakkan yang bersangkutan untuk melakukan hal-hal besar yang mendukung terwujudnya kesuksesan hidup? Hal itu tergantung banyak faktor.

Untuk itu diperlukan  cara dan langkah-langkah untuk menguatkan motivasi diri sehingga menjadi kekuatan yang dahsyat pada diri kita dan mendorong kita selalu melakukan segala hal yang mengantarkan pada kesuksesan.

Di antara langkah-langkah penguatan motivasi diri tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menetapkan Tujuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN