Mohon tunggu...
Abdul Halim
Abdul Halim Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Jakarta

Tidak Miskin, Tidak Kaya, Tetap Bahagia. Karena Hidup itu Sederhana, Tidak Perlu Memaksa, Jika Tudak Punya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemberdayaan Masyarakat dengan Ekonomi Syariah

18 Juni 2021   15:10 Diperbarui: 18 Juni 2021   15:23 109 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini kita masih berada dalam pandemi yang banyak memberikan dampak bagi seluruh masyarakat dan tentunya ini bukan hanya masalah kesehatan saja tetapi juga perekonomian, di tengah-tengah itu wacana tentang sistem keuangan syariah digadang-gadang menjadi keuangan yang lebih manusiawi. Bahkan sistem keuangan syariah juga dikatakan tidak hanya berdiri di atas korporasi saja melainkan juga berbagi manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat.

Beberapa ikhtiar yang dilakukan oleh pemerintah dengan menggunakan sistem keuangan syariah, untuk memberdayakan masyarakat di antaranya adalah dengan BAZNAS, BMT dan juga koperasi Syariah di lain hal ada juga perbankan syariah yang turut menyejahterakan masyarakat melalui infaq zakat dan juga wakaf. Namun sejauh mana semangat dan fasilitas yang diberikan Sistem ekonomi keuangan syariah tersebut mampu untuk memberdayakan ekonomi di masyarakat???

Ekonomi di tengah masyarakat pada dasarnya melihat nilai prinsip tujuan ekonomi tersebut.  Ekonomi syariah sebenarnya sangat bisa untuk memberdayakan ekonomi masyarakat baik melalui lembaga keuangan syariah maupun lembaga keuangan sektor publik. Yang sudah kita sama-sama tahu lembaga keuangan syariah sendiri ada dalam bentuk bank syariah, keuangan syariah lain seperti asuransi, investasi syariah dan lain sebagainya. sedangkan dari sisi keuangan publik kita punya instrumen yang bisa kita sebut zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf, Yang sedang berjalan di tengah-tengah masyarakat guna memperdayakan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Yang dihadapi oleh ekonomi syariah untuk mengembangkan pemberdayaan masyarakat sesungguhnya adalah tantangan yang berat, tapi saya yakin bahwa ini bisa diselesaikan. Dengan cara bagaimana pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah dengan berbagai instrument tadi bisa tersosialisasi dengan baik. Sehingga yang kita miliki instrumen yang banyak tadi itu mampu menjelajah permasalahan-permasalahan atau problematika ekonomi masyarakat.

Karena bagaimanapun terutama di masa pandemi ini masyarakat membutuhkan banyak peran dan banyak instrumen untuk menuntuskan kesulitan ekonomi khususnya, dan secara umum dari permasalahan sosial. Namun jika hanya lembaga keuangan saja itu dirasa kurang, karena segmen yang cukup besar di ekonomi syariah Ini Membutuhkan peran banyak pihak termasuk media baik elektronik maupun media cetak, Serta sosialisasi dengan organisasi kemasyarakatan Islam.

dan begitu juga Pemerintah baik pusat maupun daerah harus sama-sama memang gencar untuk menyuarakan ini. Mengapa bisa demikian, karena ekonomi syariah itu punya daya tawar yang cukup. Terutama masyarakat dengan Basis Basis instrumen yang dimiliki baik dalam hal kerjasama, pemberdayaan ekonomi maupun pola-pola jasa lainnya yang bisa kita gunakan untuk kemandirian ekonomi masyarakat Indonesia. Untuk mendorong ekonomi syariah menjadi salah satu Garda terdepan bagi kebangkitan ekonomi nasional.

VIDEO PILIHAN