Mohon tunggu...
Abdul Jalil Jumuatullaila
Abdul Jalil Jumuatullaila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya berasal dari Pulau Sulawesi di Pronvinsi Sulawesi Selatan, dari Suku Bugis Kabupaten Sidenreng Rappang. Saya memiliki Hobi yaitu, Membaca, dan Mendengarkan Musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"CREATE", Pameran Seni dan Budaya Toleransi di Bandung, Jawa Barat

29 September 2022   14:32 Diperbarui: 29 September 2022   15:06 127 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"CREATE", Pameran Seni dan Budaya Toleransi di Bandung, Jawa Barat (Dokpri)

Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 melaksanakan kegiatan Modul Nusantara pada hari Minggu 25 September 2022 di Griya Seni Popo Iskandar. Jl. Dr. Setiabudi No. 235B, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Dengan Tema CREATE (Creative Youth For Tolerance).

"CREATE", Pameran Seni dan Budaya Toleransi di Bandung, Jawa Barat (Dokpri)

Jawa Barat mengusung tema "Silih" yang berarti "saling" dalam KBBI juga diambil dari falsafah leluhur Sunda "Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh". Yang dimaknai sebagai manusia kita harus saling mencerdaskan, saling mengasihi, saling melindungi, saling mengayomi serta memuliakan.

"CREATE", Pameran Seni dan Budaya Toleransi di Bandung, Jawa Barat (Dokpri)

Pameran ini dilaksakan pada hari Kamis - Minggu, yaitu tanggal 22 - 25 September 2022. Di Griya Seni Popo Iskandar. Konsorsium Creative Youth For Tolerance (CREATE) menyelenggarakan "Pameran seni dan Budaya untuk Toleransi". Kegiatan ini menggaungkan isu toleransi, keberagaman kesetaraan gender, dan inklusi social melalui karya seni.

"CREATE", Pameran Seni dan Budaya Toleransi di Bandung, Jawa Barat (Dokpri)

Salah satu rangkaian Create berupa lokarya bersama seniman Pantomim Wanggi Heod di Griya Seni Popo Iskandar. Melalui lokarya Sampurasun bersama Wanggi Heod ini, pengunjung diajak untuk mempelajari olah tubuh Bersama di halaman galeri. Selain Wnggi, lokarya juga diberikan oleh seniman serta budayawan lainnya. Kegiatan lokarya tersebut menjadi bagian dari pameran "Seni Muda Peduli Toleransi, Inklusi dan Kesetaraan (Sampurasun)". Ada 18 karya dari para siswa SMA di Jawa Barat yang dipamerkan.

"CREATE", Pameran Seni dan Budaya Toleransi di Bandung, Jawa Barat (Dokpri)

Karya yang dipamerkan di galeri berupa gambar yang dibuat oleh para siswa SMA sederajat. Ada pula karya audio visual dan instalasi. Create sendiri merupakan konsorsium yang diinisiasi oleh Yayasan Hivos yang bertujuan meningkatkan Pluralisme dan toleransi antarsiswa dengan pendekatan melalui seni dan budaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan