Mohon tunggu...
Abdul Khalid Nashwan
Abdul Khalid Nashwan Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis amatir.

Penulis amatir. Menulis ketika sedang mood dan punya topik yang ingin disampaikan. Sangat pemalas dan penyendiri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Novel: Karya Sastra yang Menyimpan Berjuta Makna

19 Januari 2022   00:00 Diperbarui: 19 Januari 2022   00:08 736
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: wallpapercave.com

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apa kabar para pembaca? Semoga selalu dalam lindungan serta rahmat Allah swt. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan apa yang penulis ketahui mengenai novel serta manfaat yang dapat diberikannya.

Sebelum itu, penulis ingin mengetahui apakah kalian sudah pernah mendengar kata 'Novel'? Apakah kalian mengetahui apa itu Novel? Bagi para pembaca, jika misalnya kalian pernah mendengar kata tersebut, namun bingung untuk menjelaskannya, maka di kesempatan ini, izinkan saya sebagai penulis untuk membantu menjelaskan novel secara gamblang, namun singkat dan juga padat.

Novel, secara teori merupakan satu jenis karya sastra yang berbentuk prosa (cerita yang bebas) yang di mana seorang penulis dapat menuangkan berbagai macam imajinasi serta fantasinya. Segala bentuk ekspresi mereka tuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan model berupa cerita yang memiliki alur  yang panjang dan juga kompleks. 

Cerita di dalam novel melibatkan tokoh/karakter yang berinteraksi satu dengan yang lain sesuai premis yang telah ditentukan dan diakhiri dengan resolusi masalah tokoh/karakter tersebut. Novel amat begitu variatif dan tidak terbatas hanya pada satu bentuk cerita. 

Novel pada umumnya memiliki bab dan sub-bab untuk membagi beberapa potongan cerita agar ceritanya dapat tersusun dengan baik. Penulis novel disebut dengan istilah novelis. 

Sumber: wallpapercave.com
Sumber: wallpapercave.com

Asal-usul novel mungkin cukup panjang, maka dari itu, penulis menjelaskan garis besarnya bahwa budaya ini bermula dari Yunani, Romawi Klasik, abad pertengahan, awal roman modern, serta tradisi novella (Novella sendiri merupakan istilah dalam bahasa Italia yang digunakan untuk menggambarkan cerita singkat. Asal kata novel bermula dari sini). 

Novel dulunya merupakan cerminan kehidupan masyarakat pada masa itu, bagaimana setiap orang berperilaku serta berinteraksi dengan orang lain, namun ditulis dengan gaya fiksi. Pada masa sekarang, novel cenderung lebih bebas dan tidak hanya terbatas kepada cerita kehidupan masyarakat, melainkan juga pada hal-hal yang belum tentu ada dan mustahil jika dipikirkan oleh akal sehat.

Novel adalah sebuah bentuk hiburan tertulis, meskipun begitu, novel juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa banyaknya bagi para pembaca. Manfaat novel bukan hanya secara visual, namun juga dapat mempengaruhi rohani dan juga jasmani.

Novel dapat bermanfaat jika pesan yang disampaikannya jugalah baik, maka dari itu, kualitas suatu novel juga terpengaruhi oleh kualitas seorang penulis; jika penulisnya mencurahkan seluruh bentuk ekspresinya dengan estetika yang indah serta elegan dan juga sistematis dan yang paling utama adalah NIAT, maka tersampaikanlah pesan tersebut kepada para pembaca, apakah itu secara langsung atau tersirat. begitu pula sebaliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun