Mohon tunggu...
Jalil
Jalil Mohon Tunggu... Ilmuwan - Pemilik Vokasi.id

Penikmat Kopi, Bukan Teh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Perbedaan Vokasi dan Sarjana

3 September 2022   14:10 Diperbarui: 3 September 2022   14:14 205 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam pendidikan tingkat tinggi, ada yang disebut pendidikan Sarjana dan juga Vokasi. Meskipun sama-sama pendidikan tingkat tinggi, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Perbedaan Vokasi dan Sarjana itu memang tidak terlalu dipahami oleh banyak orang, karena stigma pendidikan tinggi ya Sarjana. Akan tetapi, sebenarnya ada pendidikan vokasi yang bisa menjadi pilihan untuk orang bisa mendapatkan pendidikan tinggi.

Sebenarnya kedua pendidikan ini sama baiknya, namun memang arahnya yang berbeda sehingga terlihat ada perbedaan. Itu kembali lagi pada pilihan kamu, namun tentunya sebelum kamu bisa memilih kamu perlu tahu dulu perbedaan di antara keduanya itu seperti apa.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan perbedaan dari Vokasi dan juga Sarjana itu seperti apa.

Pengertian Pendidikan Vokasi

Hal pertama yang memang penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu itu adalah mengenai pendidikan Vokasi itu sebenarnya apa.

Pendidikan Vokasi itu adalah pendidikan tinggi yang lebih berfokus pada keterampilan dan juga keahlian akan bidang tertentu. Pendidikan Vokasi yang bertujuan memberikan bekal keahlian dan keterampilan untuk pekerjaan tertentu, ini yang jadi perbedaan Vokasi dan Sarjana.

Pendidikan Vokasi juga biasa disebut dengan Diploma, dan pendidikan ini memiliki jenjang yang tentunya berbeda. Ada 4 jenjang yang ada di pendidikan Vokasi tersebut, yakni mulai dari Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, Diploma 4.

Setiap jenjang memiliki masa waktu dan lain sebagainya yang berbeda dan harus kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu.

Pengertian Pendidikan Sarjana

Untuk bisa membandingkan, maka kamu pun perlu untuk mengetahui tentang pendidikan Sarjana itu juga sebenarnya seperti apa. Pendidikan Sarjana itu adalah pendidikan yang memang berfokus pada penguasaan dan juga pengembangan dari ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ini menjadi perbedaan Vokasi dan Sarjana.

Jadi pendidikan Sarjana ini memang lebih menitikberatkan kepada pendidikan akademik dan pada teori keilmuan.

Sama dengan pendidikan Vokasi di mana ada jenjang pendidikan juga, namun tentunya jenjangnya itu berbeda dengan pendidikan Vokasi. Jenjang di pendidikan Sarjana itu adalah 3 jenjang saja, namun rata-rata membutuhkan waktu yang memang jauh lebih lama.

Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa jenjang pendidikan yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan