Abdi Parasian Simamora
Abdi Parasian Simamora Mohon Tunggu... Lainnya - STAR XIX 2023

Write for eternality (Pram)

6 Serangkai di 2212 Mdpl

11 September 2022   02:35 Diperbarui: 11 September 2022   02:46 964
Gambar Penanda waktu tiba di Puncak Kawah Sibayak/Dok pribadi

Gunung Sibayak merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Gunung ini terletak sejauh 50 KM barat daya Kota Medan dan dapat ditempuh dengan angkutan umum selama 3 jam dari pusat kota Medan. Secara sejarah gunung ini merupakan eks gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881.

Gunung Sibayak sangat menawarkan sangat banyak keunggulan dan keindahan gunungnya. Dikenal karena setiap hari besar selalu ada diadakan event dan upacara di puncak gunungnya, menjadikan titik setinggi 2212 MDPL menjadi tempat yang sangat rekomendasi untuk dijelajahi.

Dalam perjalananan menuju puncaknya terdapat 2 post pendakian. Di Post I biasanya terdapat penjaga administrasi untuk pendakian ke puncak. Namun saat kami mendaki, 09 Juli 2022 subuh hari ketika kami sudah tiba di Post I tidak seorangpun yang berada di sana, karena sampai pada waktu larut malam.

Kami team 6 serangkai memutuskan untuk mengisi hari libur Adha dengan mendaki Gunung tertinggi kedua di Sumatera Utara itu. Betapa kami tidak bermodalkan persiapan dan perencanaan yang matang untuk mendaki.

Namun bermodalkan niat hiking dan menikmati pesona gunung, kami menyusun rencana dengan tempo sesingkat-singkatnya. Persiapan hanya 2-3 jam untuk menyelesaikan semua barang dan perlengkapan yang akan dibawa mendaki.

Bersama Nico, kami mencari lokasi tempat sewa peralatan daki dan alat-alat memasak yang akan dibawa naik. Setengah jam perjalanan pulang pergi, kami berhasil membawa perlengkapan ke titik kumpul.

Sementara anggota team yang lain, Ranzert dan Juan mengamankan pasokan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk dibawa ke puncak. Di lain tugas, Torang dan Daniel mengamankan pasokan sandang persediaan di puncak selama 3 hari 2 malam. Semua persiapan akhirnya lekas selesai juga.

Dari Medan, kami bergerak sekitar jam 18.00 ke loket travel tujuan Berastagi, Kabupaten Karo. Banyak loket sudah kami telusuri, namun sudah penuh dengan antrian panjang. Hingga akhirnya kami tiba di satu bus, sudah penuh juga dan harus memaksa kami untuk melintasi jalan Medan-Berastagi dengan berada di atap bus, menikmati udara malam.

Dinginnya angin malam menembus kulit yang mulai dari tadi siang, belum juga bersentuhan dengan air dingin, Kami tertawa ria menikmati perjalanan keheningan malam di jalan lintas.

Tiba di Berastagi sekitar pukul 22.45, dan segera mencari angkutan yang berbeda untuk membawa kami ke Post I dan tiba pukul 00.20 tanggal 09 Juli 2022.

Tiba di Post I kami harus beristirahat sebentar untuk menunggu anggota team, Torang mengisi lambung yang sudah diminta harus diisi. Dia nampaknya sangatnya sangat lelah dan masuk angin.