Mohon tunggu...
Abdillah Hasan W
Abdillah Hasan W Mohon Tunggu... Someone who want to be better person

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030132

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kecanduan Menunda Pekerjaan? Dopamine Detox Solusinya

18 Juni 2021   20:54 Diperbarui: 18 Juni 2021   21:27 153 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kecanduan Menunda Pekerjaan? Dopamine Detox Solusinya
hygger.io

Pernah nggak kamu berada dalam situasi yang menuntutmu untuk segera menyelesaikan berbagai hal, eh tapi baru mulai sedikit, sudah merasa burn-out duluan. Akhirnya, kamu memutuskan untuk mencari hiburan berkedok apresiasi diri dengan menonton TikTok, membuka IG, Twitter, atau menonton video YouTube. 

Kamu pikir dengan begitu mood kamu akan membaik dan pikiranmu lebih fresh dengan cepat. Niat hati ingin "mengapresiasi diri" lima menit saja, eh ternyata nggak terasa kamu sudah berjam-jam melihat layar handphone-mu. Pekerjaanmu pun terbengkalai dan kamu justru semakin tidak mood serta memutuskan untuk off saja alias "yaudah deh besok saja ngerjainnya."

Atau mungkin akhir-akhir ini kamu merasa enggan untuk melakukan pekerjaan berat, menjadi lebih malas, mudah kehilangan fokus, dan lebih memilih untuk "menyenangkan dirimu" dengan melakukan hal-hal yang membuatmu merasa bahagia dengan cepat di handphone, seperti bermain game, scrolling sosial media, atau bahkan menonton video porno. 

Alih-alih menyelesaikan target-targetmu dengan segera, anehnya kamu justru secara implusif melakukan hal-hal yang membuatmu merasa bahagia tanpa memedulikan pekerjaanmu. 

Hayo, siapa yang begini? Hati-hati ya, kebiasaan impulsif tersebut dapat memberikan efek jangka panjang yang nggak bagus untuk kesehatan psikologismu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak artikel berikut.

Apa itu Dopamine Detox?

Dopamin adalah zat di dalam otak yang berkenaan dengan rasa bahagia. Kadar dopamin yang terlalu sedikit dapat membuat seseorang mudah tersulut amarah. Sementara jika terlalu banyak dapat menyebabkan kecanduan. 

Dopamine detox sendiri merupakan upaya untuk membatasi sesuatu yang memunculkan kebahagiaan semu dan kecanduan akibat hormon dopamin yang berlebih. Adapun jika kamu stress dan memutuskan untuk bermain handphone sebagai bentuk hiburan, maka kadar hormon dopamin dalam otakmu akan naik dengan cepat. 

Jika kamu melakukan hal itu setiap hari, pola tersebut akan terekam di dalam otakmu. Kamu pun terus mencari kebahagian instan hingga terlalu larut di dalamnya dan melupakan pekerjaanmu. 

Pada akhirnya, kamu merasa bisa mendapatkan kebahagiaan dengan cepat, tetapi tidak betul-betul bahagia karena pada dasarnya kamu hanya "lari" dari pekerjaan yang membuatmu stress, bukan menyelesaikannya. Jika kamu terus melakukan hal tersebut hingga mengganggu fokus dan produktivitasmu, maka sebaiknya mulai pertimbangkan untuk melakukan dopamine detox dan "merapikan" pola-pola buruk tersebut.

Lakukan Apresiasi Diri Setelah Pekerjaan Selesai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x