Mohon tunggu...
Abdillah Hasan W
Abdillah Hasan W Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Someone who want to be better person

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030132

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

BTS Meal, Is All Not Just about BTS

10 Juni 2021   16:43 Diperbarui: 10 Juni 2021   22:38 1385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pbs.twimg.com/media/E3cP5OYUcAQatr-?format=jpg&name=medium

Siapa sih yang nggak kenal dengan BTS? Ya, BTS yang boy band asal Korea Selatan itu loh. BTS merupakan grup band yang sedang tenar-tenarnya. Bagaimana tidak, sekalinya mereka merilis video clip lagu, penonton dalam channel youtubenya mencapai 110 juta penonton dalam waktu kurang dari 24 jam. Sampai saat ini, penonton terbanyak terdapat pada video clip lagu DNA yang total viewsnya sekarang sudah mencapai 1,27 miliar.

Kesuksesan BTS ini didukung oleh para penggemarnya, yaitu Army. Army adalah sebutan bagi mereka yang menjadikan BTS sebagai bias (Being Inspired and Addicted to Someone) mereka. 

Perkiraan jumlah anggota Army yang ada di dunia ini adalah sejumlah 18 juta orang dengan jumlah Army terbanyak berada di negara Filipina dengan persentase 21% dari keseluruhan Army BTS yang ada di dunia.

Army BTS adalah tipe orang yang fanatik, loyal, dan royal terhadap bias mereka. Mereka bisa saja menghabiskan uang berjuta-juta rupiah untuk membeli merchandiseBTS yang limited edition. Namun hal ini masih tergolong wajar karena hal itu bisa membuat mereka senang dan bahkan bisa menjadi sarana investasi. Ya, sarana investasi. 

Mereka membelinya dengan harga sekian juta pada saat ini dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal di masa mendatang. Hal inilah yang membuat nama BTS makin melejit.

Akhir-akhir ini, BTS merilis sebuah produk yang bekerja sama dengan restoran cepat saji yang telah mendunia yaitu McDonald's. Produk ini Bernama BTS meal dengan packaging menggunakan warna khas BTS yaitu ungu. 

Tentu saja hal ini menjadi bahan rebutan para Army BTS. Hal ini karena produk ini hanya akan beredar beberapa hari saja dan menjadikan BTS meal seakan-akan menjadi makanan limited edition. 

Padahal yang membedakan dengan produk McDonald's yang biasa hanyalah bungkus dan saosnya saja tanpa ada perubahan rasa ataupun komposisi pada nuget, minuman, dan kentang gorengnya. Namun, bagi Army BTS, BTS meal ini mempunyai makna tersendiri yang tidak bisa didapatkan pada makanan lainnya.

Harga dari BTS meal ini sekitar 51 ribu rupiah dan bisa dipesan di seluruh gerai McDonald's Indonesia. Isi dari paket makanan BTS meal sendiri adalah 9 potong Chicken McNuggets, Medium Fries Medium, Coca-Cola, Saus Sweet Chili, dan Saus Cajun. 

Harga ini masih tergolong standar untuk restoran sekelas McDonald's. Apalagi untuk seorang Army yang biasa mengeluarkan uang lebih untuk mendapat merchandise dari BTS, harga ini masih tergolong murah.

Dengan harga yang masih terjangkau tersebut mengakibatkan pesanan yang membeludak di beberapa gerai McDonald's. Bahkan ada beberapa antrean yang dibubarkan polisi karena menimbulkan kerumunan. 

Contohnya adalah McDonald's di Yogyakarta. Antrean Panjang sampai meluber ke jalanan yang kebanyakan berasal dari driver ojek online dibubarkan polisi dan polisi menutup sementara gerai McDonald's tersebut. Akibatnya beberapa driver ojek online tersebut terpaksa membatalkan pesanan karena mereka belum bisa mendapatkan pesanan yang diorder.

https://pbs.twimg.com/media/E3cM1rPVcAMJXwj?format=jpg&name=large
https://pbs.twimg.com/media/E3cM1rPVcAMJXwj?format=jpg&name=large
Tak lupa berbagi kesenangan, para Army BTS pun memberikan donasi berupa uang kepada para driver ojek online. Melalui platform kitabisa.com, mereka melakukan aksi penggalangan dana. Tidak tanggung-tanggung, dana yang terkumpul sampai saat ini sudah melebihi target yaitu 144 jt. Aksi penggolongan dana ini dipionir i oleh akun resmi Army BTS Indonesia.

Hal ini patut diapresisasi. Para Army BTS tidak hanya meninggikan ego mereka dan hanya ingin senang sendiri, tetapi mereka masih sempat berbagi kebahagiaan kepada orang yang membantu mereka mendapatkan BTS meal.

Menurut pendapat pribadi, apa yang dilakukan BTS, Army BTS, mcd, dan lain2, sudah sangat bagus. Apa yang dilalukan mereka berpotensi menaikkan perekonomian Indonesia yang akhir2 ini terpuruk karena pandemi ini. 

Namun perlu disadari bahwa pada saat ini pandemi covid 19 masih ada dan kita dianjurkan untuk melaksanakan Gerakan 3M. akan lebih baik lagi apabila pihak manajemen McDonald's mengelola antrean ojek online yang menunggu pesanan mereka agar tidak terjadi kerumunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun