Siapa sih yang nggak kenal dengan BTS? Ya, BTS yang boy band asal Korea Selatan itu loh. BTS merupakan grup band yang sedang tenar-tenarnya. Bagaimana tidak, sekalinya mereka merilis video clip lagu, penonton dalam channel youtubenya mencapai 110 juta penonton dalam waktu kurang dari 24 jam. Sampai saat ini, penonton terbanyak terdapat pada video clip lagu DNA yang total viewsnya sekarang sudah mencapai 1,27 miliar.
Kesuksesan BTS ini didukung oleh para penggemarnya, yaitu Army. Army adalah sebutan bagi mereka yang menjadikan BTS sebagai bias (Being Inspired and Addicted to Someone) mereka.Â
Perkiraan jumlah anggota Army yang ada di dunia ini adalah sejumlah 18 juta orang dengan jumlah Army terbanyak berada di negara Filipina dengan persentase 21% dari keseluruhan Army BTS yang ada di dunia.
Army BTS adalah tipe orang yang fanatik, loyal, dan royal terhadap bias mereka. Mereka bisa saja menghabiskan uang berjuta-juta rupiah untuk membeli merchandiseBTS yang limited edition. Namun hal ini masih tergolong wajar karena hal itu bisa membuat mereka senang dan bahkan bisa menjadi sarana investasi. Ya, sarana investasi.Â
Mereka membelinya dengan harga sekian juta pada saat ini dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal di masa mendatang. Hal inilah yang membuat nama BTS makin melejit.
Akhir-akhir ini, BTS merilis sebuah produk yang bekerja sama dengan restoran cepat saji yang telah mendunia yaitu McDonald's. Produk ini Bernama BTS meal dengan packaging menggunakan warna khas BTS yaitu ungu.Â
Tentu saja hal ini menjadi bahan rebutan para Army BTS. Hal ini karena produk ini hanya akan beredar beberapa hari saja dan menjadikan BTS meal seakan-akan menjadi makanan limited edition.Â
Padahal yang membedakan dengan produk McDonald's yang biasa hanyalah bungkus dan saosnya saja tanpa ada perubahan rasa ataupun komposisi pada nuget, minuman, dan kentang gorengnya. Namun, bagi Army BTS, BTS meal ini mempunyai makna tersendiri yang tidak bisa didapatkan pada makanan lainnya.
Harga dari BTS meal ini sekitar 51 ribu rupiah dan bisa dipesan di seluruh gerai McDonald's Indonesia. Isi dari paket makanan BTS meal sendiri adalah 9 potong Chicken McNuggets, Medium Fries Medium, Coca-Cola, Saus Sweet Chili, dan Saus Cajun.Â
Harga ini masih tergolong standar untuk restoran sekelas McDonald's. Apalagi untuk seorang Army yang biasa mengeluarkan uang lebih untuk mendapat merchandise dari BTS, harga ini masih tergolong murah.
Dengan harga yang masih terjangkau tersebut mengakibatkan pesanan yang membeludak di beberapa gerai McDonald's. Bahkan ada beberapa antrean yang dibubarkan polisi karena menimbulkan kerumunan.Â
Contohnya adalah McDonald's di Yogyakarta. Antrean Panjang sampai meluber ke jalanan yang kebanyakan berasal dari driver ojek online dibubarkan polisi dan polisi menutup sementara gerai McDonald's tersebut. Akibatnya beberapa driver ojek online tersebut terpaksa membatalkan pesanan karena mereka belum bisa mendapatkan pesanan yang diorder.
Hal ini patut diapresisasi. Para Army BTS tidak hanya meninggikan ego mereka dan hanya ingin senang sendiri, tetapi mereka masih sempat berbagi kebahagiaan kepada orang yang membantu mereka mendapatkan BTS meal.
Menurut pendapat pribadi, apa yang dilakukan BTS, Army BTS, mcd, dan lain2, sudah sangat bagus. Apa yang dilalukan mereka berpotensi menaikkan perekonomian Indonesia yang akhir2 ini terpuruk karena pandemi ini.Â
Namun perlu disadari bahwa pada saat ini pandemi covid 19 masih ada dan kita dianjurkan untuk melaksanakan Gerakan 3M. akan lebih baik lagi apabila pihak manajemen McDonald's mengelola antrean ojek online yang menunggu pesanan mereka agar tidak terjadi kerumunan.