Mohon tunggu...
Abdy Busthan
Abdy Busthan Mohon Tunggu... Aktivis Pendidikan

Penulis, Peneliti dan Dosen

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Non Causa Pro Causa

1 Mei 2020   06:58 Diperbarui: 1 Mei 2020   07:33 188 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Non Causa Pro Causa
wallpaperbetter.com

Istilah "non causa pro causa" atau dikenal juga dengan sebutan "false cause", adalah kesalahan penalaran atau kesesatan dalam menalar sesuatu (boleh dibaca: falacy).

Non causa pro causa adalah kesesatan yang dilakukan karena penarikan penyimpulan sebab-akibat dari apa yang terjadi sebelumnya, dengan menganggap penyebab sesungguhnya suatu kejadian berdasarkan dua peristiwa yg terjadi secara berurutan. Lalu disimpukan bahwa peristiwa pertama merupakan penyebab bagi peristiwa kedua, atau peristiwa kedua adalah akibat dari peristiwa pertama. Padahal urut-urutan waktu saja tidak dengan sendirinya menunjukkan hubungan sebab-akibat.

Dalam kajian logika, kesesatan ini dikenal juga dengan sebutan: "post-hoc ergo propter hoc", yang artinya: sesudahnya, maka karenanya.

Misalnya, seorang pemuda setelah diketahui baru putus cinta dengan pacarnya, esoknya ia mengalami sakit. Lalu tetangganya menyimpulkan bahwa sang pemuda sakit karena baru putus cinta.

Letak Kesesatan: Padahal diagnosa dokter adalah si pemuda terkena radang paru-paru, karena kebiasaannya merokok tanpa henti sejak sepuluh tahun yang lalu.

Nah, mari berefleksi. Betapa sering dalam kehidupan ini, kita terperangkap dalam kesesatan penalaran jenis ini dengan meletakkan "prasangka" terhadap sesuatu hal, tanpa mau meneliti kebenarannya terlebih dahulu.

Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari percakapan saya dengan seorang sahabat yang tinggal di Surabaya dua hari yang lalu.

Sahabat saya ini memiliki dua anak kembar yang kini sudah menginjak usia remaja, namanya Josi dan Jose. Keduanya berjenis kelamin pria. Tentu Anda bisa membayangkan sendiri bagamaina kemiripin sepasang anak kembar?

Josi sudah bertunangan dengan seorang gadis asal Ambon yang sedang menempuh Pendidikan Tinggi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kenangan Surabaya. Gadis itu bernama Katrin. Sementara Jose belum memiliki pacar, tapi sudah seminggu ini sedang mengadakan PDKT alias pendekatan, dengan seorang gadis asal kota Suroboyo bernama Nilam.

Beberapa hari yang lalu, si Jose mengajak Nilam ke salah satu KFC yang berada tidak jauh dari Tunjungan Plasa (TP) di kota Surabaya. Hal ini dilakukan Jose sebagai upaya dalam memanfaatkan momen ini untuk KC alias Katakan Cinta kepada sang pujaan hati, Nilam.

Namun apa yang terjadi. Ketika Jose dan Nilam sedang asik-asiknya berduaan, tiba-tiba datanglah Katrin tunangan Josi saudara kembar Jose. Katrin dengan emosi yg sangat menggebu-gebu, dan tanpa basa-basi terlebih dahulu, langsung menampar Jose. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN