Mohon tunggu...
Abdul Azis
Abdul Azis Mohon Tunggu... Senimam Teater

Mencoba belajar dengan hati-hati, seorang yang berkecimpung di beberapa seni, Tari (kuda lumping), tetaer, sastra.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Sudah Tahu 4 Tingkatan Bahasa Jawa? Yuk, Dedikasikan kepada Anak Peradaban

22 November 2020   15:41 Diperbarui: 23 November 2020   17:24 1737 45 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Tahu 4 Tingkatan Bahasa Jawa? Yuk, Dedikasikan kepada Anak Peradaban
Dokumentasi: satujam.com via travel.tribunnews.com

Kemampuan mengolah kata dalam sebuah peradaban merupakan salah satu simbol menonjolnya peradaban tersebut. 

Siapa di sini (pembaca) yang belum tahu tentang Jawa? Saya yakin hampir seluruh orang Indonesia tahu tentang Jawa. Mengingat Jawa adalah suku tertua yang ada di Indonesia. Juga pemerintahan Indonesia saat ini berpusat di tanah Jawa.

Suku Jawa dikenal dengan suku yang paling santun di Indonesia. Juga suku Jawa ini bahkan terkenal hingga negara Belanda, sampai-sampai penduduk sana di namakan suku Jawa Suriname.

Kenapa bisa disebut suku yang paling santun? Suku Jawa memang mayoritas beragama Islam dan berpecah rata dengan Agama Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu. Begitu erat persaudaraan antar sesama manusia meski berbeda keyakinan.

Selain dari segi toleransi, peradaban suku Jawa ini telah dipengaruhi oleh budaya leluhur kita. Yang sampai saat ini masih dipegang erat turun temurun oleh masyarakat, dari kebudayaan, seni, tradisi, dll. 

Menurut WikiPedia dengan populasi global yang cukup besar, suku Jawa ialah kelompok etnis terbesar keempat di antara umat Islam di seluruh dunia, setelah bangsa Arab, suku Bengali, dan suku Punjab.

Mengenal Bahasa Jawa yang Digunakan Sehari-hari

Sebelum berkembangnya zaman, suku Jawa ini menggunakan bahasa Sansekerta dan lalu menggunakan bahasa Kawi. Sayang, bahasa yang begitu indah kini malah terlupakan. Dan bahkan kini, mencari buku kamus Sansekerta pun sulit untuk didapatkan.

Setelah berkembangnya zaman, kini suku Jawa menggunakan 2 jenis bahasa, yaitu Kromo dan Ngoko.

Perbedaan Bahasa Krama dan Ngoko
Sebenarnya sangat rumit untuk dipelajari jika kita tak mempelajari sejak dini. Akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memahami. Mengingat dari pecahan 2 bahasa Jawa di atas, akan dipecah lagi masing-masing 2 jenis (menurut tingkatan)

Pemecahan Bahasa Jawa (Dok by Azis)
Pemecahan Bahasa Jawa (Dok by Azis)
1. Krama Inggil
Dari nama sebutannya saja kita sudah langsung menemui salah satu kata bahasa krama. Inggil (Duwur) yang berarti tinggi/atas, menunjukan bahwa bahasa Krama Inggil ini adalah bahasa jawa yang tingkatannya paling tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN