Mohon tunggu...
Abdul Azis
Abdul Azis Mohon Tunggu... Senimam Teater

Mencoba belajar dengan hati-hati, seorang yang berkecimpung di beberapa seni, Tari (kuda lumping), tetaer, sastra.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Menikmati Lezatnya 3 Resep Olahan Buah Nanas

21 November 2020   09:25 Diperbarui: 21 November 2020   09:26 86 28 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Lezatnya 3 Resep Olahan Buah Nanas
Buah Nanas Dokumen By Pixabay.com

Membuat Kreatifitas dalam olahan adalah salah satu seni untuk mengenalkan produk usaha Catering rumahan

Seperti apa yang sudah di tulis oleh Kompasianer asal Kota Blitar, Ibu Siti Nazarotin. Berkreasi dalam hal memasak bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan si penikmat masakan. Apalagi masakan itu akan dijual atau dipasarkan ke khalayak luar. Pasti dan harus menarik tentunya.

Terbukti, bahwa si penulis selain seorang seniman, ia juga mempunyai usaha Katering kecil-kecilan. Yang selalu berpikir keras untuk memberikan kreatifitas dan keunikan terhadap apa yang ia jual nantinya. Sehingga produk yang dihasilkan bisa bersaing oleh Katering lainnya.

Kali ini penulis akan membagikan 3 resep olahan yang berbahan dasar buah. Tidak hanya bisa di makan begitu saja atau di buat minuman jus. Beberapa buah ternyata bisa kita olah sebagai masakan dan yang lain lo.

Yups, sebagai Bloger nanas, penulis akan membagikan 3 resep olahan nanas. "Istilah Bloger nanas saya dapat dari Nyonya Ainul (penikmat nanas dari Trenggalek)". Yang sering menanyakan, bagaimana cara mengolah nanas sebagai menu masakan. Hmm jadi merasa sungkan saya sama Bloger Cengkeh dan Pisang. (Colek bang Gui dan bang Ozy) Heheheh peace bro.

Lanjut. Seperti yang ada pada judul di atas, melalui artikel ini mungkin kita akan bisa menikmati berbagai olahan nanas. Karena pada umumnya kita/ orang awam akan memakan begitu saja buah nanas yang sudah kita beli. Apa tidak bosen?

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang dikatakan Dokter Ari. Buah nanas mengandung bromelain atau zat enzim yang bjsa memecah protein dalam saluran pencernaan. Hingga protein lebih mudah diserap tubuh dan melancarkan pencernaan.  

2. Melawan Penyakit

Seperti buah lainnya. Buah nanas memiliki sarat dengan antioksidan seperti flavonoid. Mengonsumsi buah nanas akan bermanfaat membantu mengurangi  pengembangan berbagai jenis penyakit, terutama kanker.

3. Meningkatkan Imunitas

Bersama dengan bromelain, vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan, sambil menekan segala peradangan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah nanas merupakan buah yang mengandung rendah kalori. Artinya buah nanas menjadi alternatif yang bagus untuk memenuhi yang keinginan diet. Seperti halnya penulis.

Oh iya, untuk yang menderita asam lambung, sebaiknya jangan terlalu banyak untuk makan buah nanas. Sebab, buah nanas yang mempunyai Vitamin C yang tinggi ini menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung.

Jadi tak perlu diragukan lagi ya khasiat dari buah nanas tersebut. Selain rasanya yang manis dan keasem-aseman, nanas juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Oke, langsung saja kita menuju resep yang pertama. Memang kelihatanya banyak yang sudah tidak sabar.

3 Resep Olahan Nanas yang Nikmat

1. Selai Nanas

Dokpri Azis
Dokpri Azis

Memang ini terlihat sepele. Tapi saya yakin banyak yang belum mengetahui tentang pembuatan selai. Yang pada umumnya kita orang lebih memilih untuk membeli siap saji (tidak ribet).

Tak apa, tapi ingat. Tanpa kita sadari, bahwa produk-produk yang dijual di pasaran pasti menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Tidak menyehatkan malah menanam penyakit di tubuh kita.

Beda dengan kita sendiri yang membuat selai. Selain hemat kita juga bisa mengukur seberapa keinginan kita (manis, warna kematangan dll).

Resep Selai Nanas:

Bahan-bahan

500 gram nanas
110 gram gula pasir atau secukupnya (sesuai selera)
1/2 sdt kayumanis bubuk
Sedikit garam


Langkah

1. Siapkan nanas yang sudah dipotong kecil-kecil dan timbang gulanya supaya nanti rasanya pas.

2. Blender nanas hingga halus. Ingat, Tidak perlu pakai air karena nanas sudah memiliki kandungan air yg sangat tinggi. Tapi kalau blendernya tidak mau jalan bisa ditambahkan sedikit.

3. Siapkan wajan atau teflon yang anti lengket-->Tuang nanas--> tabur kayumanis bubuk dan sejumput garam--> Nyalakan api dan masak hingga busanya mulai hilang--> Aduk hingga merata.

4. Jika busa sudah menghilang, lalu masukkan gula pasir, aduk rata dan masak hingga mengental (tekstur dan warna sesuai keinginan).

5. Matikan api dan tunggu hingga dingin baru bisa dimasukkan ke toples kedap udara. Simpan di dalam kulkas untuk tahan lama.

Hmm simpel dan mudah ya. Tinggal beli roti tawar, anak-anak pasti betah deh dirumah.


2. Puding Nanas Lapis Susu

Dokpri @mamikkatering
Dokpri @mamikkatering
Sama seperti puding lainnya. Pudi nanas akan menambah cita rasa yang dapat menggoyang lidah. Juga anak-anak akan merasa ketagihan karena ada buah. Alih-alih untuk menghilangkan perasa buatan yang tidak menyehatkan ya.


Bahan

1 Buah nanas madu (dipotong-potong)
700 ml air
1 bungkus agar-agar putih
1 sendok teh jelly plain
80 gram gula pasir (selera)

Bahan Puding Susu:
1 bungkus agar-agar putih bening
700 ml susu
120 gram gula pasir (selera)
1/4 buah nanas potong kecil
1 sendok teh essen/aroma nanas

Langkah-langkah

Lapis Pertama
- Potong nanas lalu blender dengan air kira-kira 250ml--> saring, sisihkan

- Campur sisa air dengan agar-agar bubuk dan gula pasir aduk merata hingga mendidih--> tuangkan sari nanas dan aduk lagi--> tuangkan ke cetakan

Lapis Kedua
- masukan semua bahan lapis kedua (susu) kecuali nanas potong--> masak hingga mendidih--> matikan kompor--> tambahkan essen yang sudah ada--> aduk hingga uap berkurang--> campurkan nanas potong--> aduk hingga potongan nanas merata--> dan tuangkan ke lapis pertama

- Biarkan atau masukan ke dalam kulkas agar hasil lebih segar dan padat.

- Puding Nanas siap di santap.

Hemm mudah kan? Ini menu pesanan terlaris lo, begitu baiknya ya penulis mau membagikan resep menu terlaris. Prinsipnya suka berbagi, rezeki suka mengalir sendiri. Hehehe

3. Asam Manis Gurame Bakar

Dokpri @mamikkatering
Dokpri @mamikkatering
Siapa nih yang pagi-pagi gini udah lapar? Atau ada yang rencana mertua datang? Hemm resep menu satu ini cocok untuk kita sajikan makan bersama keluarga. Mumpung besok hari libur, pastinya ingin merasakan keromantisan yang lebih kan? Yuk simak cara membuatnya.


Bahan 3-5 Orang

- 1 Ekor ikan gurame ukuran besar / 2 ekor ikan gurame ukuran sedang
- 2 butir telur ayam (kocok hingga merata)
- 1 kuntum brokoli (selera/ boleh tidak pakai)

Bahan A

- 4 sendok makan tepung crispy
- 100-150 ml air

Bahan B

- 200 gram tepung crispy

Bahan C

- 1 buah wortel potong kecil (sebesar korek api)
- 1/4 buah nanas (potong segitiga kecil/ selera)

Bahan Saos
5 siung bawang putih (cincang halus)
1 Paprika merah (potong kotak/ selera)
2 siung bawang bombay (potong bulat)
800 ml air
2 sendok teh meizena larutkan dengan air secukupnya
1 saset lada bubuk
1 sdt garam (selera)
1 sdt gula pasir (selera)
2 batang daun bawang (potong serong)
3 sendok makan saos tomat


Langkah A

- Baluri ikan dengan telur--> masukan ke bahan B --> masukan ke bahan A dan kembali ke bahan B
- Goreng dengan minyak panas (diusahakan minyak yang baru, dan api jangan terlalu besar untuk hasil warna yag bagus)
- Angkat dan tiriskan jika warna ikan sudah kuning.

Langkah B

Membuat saos asam manis

- Tumis paprika dan bawang putih hingga sedikit layu--> masukan potongan wortel dan air 300ml--> biarkan wortel sedikit matang--> masukan semua bahan saus (kecuali meizena)--> tumis sebentar dan koreksi rasa--> jika sudah sesuai selera masukan meizena untuk tekstur lebih kental--> aduk merata dan angkat.

Cara Hidangan

- Taruh ikan gurame goreng tadi di piring--> tuangkan saus asam manis di atasnya--> asam manis gurame goreng siap di santap.

Bagaimana Bapak/ Ibuk Sahabat Kuliner? Hmm pengen segera mempraktikan 3 resep olahan nanas di atas? Sok atuh silahkan. Dengan senang hati penulis menantikan kabar keberhasilannya.

Salam santun untuk anda sekalian

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x